Dalam setiap langkah yang ke seribu pasti diawali dengan langkah pertama, begitu juga dalam dunia fotografi. Para fotografer terkenal pasti dimulai dengan fotografer pemula. Tidak ada ceritanya fotografer akan menjadi profesional pada langkah awal pasti setiap fotografer harus melewati setiap proses dalam memfoto.

landscape

Kami akan membagikan beberapa tips singkat tentang fotografi Landscape, dan ini merupakan dasar dalam fotografi yang sudah profesional terkadang melupakan hal ini apalagi yang baru memulai menjadi seorang fotografer.

  1. Melupakan Rules of Thirds

    Rules of Thirds atau bisa juga disebut aturan sepertiga, aturan ini menjadi dasar bagi keseimbangan elemen foto sehingga secara keseluruhan foto tampak lebih enak dilihat, apalagi jika kita terjun dalam fotografi landscape. Pada rules of thirds bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar baik secara vertikal maupun horisontal sehingga terdapat 9 area yang sama besar dengan demikian kita memilki 4 titik pertemuan. Teori dasarnya adalah kalau kita menempatkan Point of Interest (POI) disalah satu keempat titik tersebut maka hasil jepretan mu akan lebih enak dilihat dan lebih seimbang.

  2. Tidak ingat Golden Hour

    Ya untuk menghasilkan gambar landscape kami sarankan jangan disiang hari ( ada juga beberapa moment bagus juga disiang hari) tapi untuk mendapatkan hasil yang creamy kami tetap menyarankan untuk memperhatikan golden hour, yang biasanya pada jam 5-7 pagi atau 5-7 sore hari. Mengapa di katakan golden hour, cahaya matahari menerpa subyek foto dari sudut miring sehingga memberi dimensi dan tekstur yang kaya dan memiliki warna keemasan yang hangat (warm).
    Baca juga artikel “Pentingnya Golden Hour dalam Dunia fotografi”

  3. Lupa Membawa Tripod

    Selain kamera andalanmu tripod merupakan pelengkap terpenting dalam dunia fotografi landscape. Kemampuan tangan kita untuk tetap stabil ada batasnya sendiri-sendiri sedangkan untuk fotografi landscape kita harus mengexplor seperti long exposure jadi gambar yang dihasilkan tidak menjadi blur karena goncangan dari tanganmu sendiri dan terlebih lagi fotografi landscape yang terpenting adalah ketajaman dari hasil foto jepretanmu. Bisa jadi karena kurangnya cahaya diluar maka kamu harus mensetting shutter mu menjadi 1/100 dst (tergantung intesitas cahaya) dan mengatur diafragma sesempit mungkin 1/22 dst.
    Baca juga artikel “Fungsi Shutter Speed” dan “Segitiga kunci Fotografi

Ketiga hal tersebut merupakan dasar dalam fotografi landscape masih banyak lagi rules yang dapat kamu pelajari, tetapi dengan banyak berlatih maka kamu akan menjadi fotografer profesional.

“Practice make Perfect”

#gofotografer