4 Hal Terpenting Menjadi Seorang Fotografer

4 Hal terpenting menjadi seorang fotografer

Fotografi sekarang ini sudah sangat umum, hampir setiap umur sangat menyukai fotografi, apalagi dengan beberapa tahun belakangan ini  lagi trend istilah “selfie” dengan memakai kamera di smartphone nya. Banyak cara sebenarnya untuk menguasai fotografi dan tanpa disadari kita juga sering kali menggunakan teknik-teknik sederhana.

Untuk tips kali ini saya membagi menjadi 4 hal terpenting menjadi seorang fotografer,

F – ahami setiap aturan fotografi

Teknik sederhana dalam fotografi jika kamu menguasai hal-hal ini maka pasti kamu akan punya banyak koleksi foto yang dapat dinikmati, kamu fahami Rules of Third, hindari obyek berada di tengah frame, karena jika kamu mengerti dan faham aturan ini, maka kesan elegan dari foto mu akan bisa dinikmati, apalagi jika kamu sedang foto alam, aturan ini sangat diperlukan. Komposisi cahaya, fotografi adalah seni cahaya jika kamu menguasai hal ini juga pun maka niscaya foto-fotomu dapat dinikmati oleh semua orang.

O – perasikan kamera mu dengan benar

Hal ini sederhana tapi sangat penting buat hasil dari fotomu, jika kamu sudah memiliki kamera DSLR biasakan dengan menggunakan mode M (Manual), karena dengan mode manual kamu bisa belajar diafragma, shutter speed, ISO, bermain cahaya, semakin kamu sering menggunakan mode M, maka sense of photography mu akan terlatih.

T – ajamkan mata dan hati

Ketika seorang fotografi melihat sebuah obyek foto jika mata dan hatimu peka maka obyek foto ini akan sangat mudah di eksekusi, jadi bukan hanya sekedar mengambil sebuah gambar atau foto saja, untuk menjadi seorang fotografer diperlukan ketajaman mata dan hatimu, untuk membuat foto itu bisa “berbicara”, walau hanya sekedar dilihat / dipandang saja.

O – byek foto sangat banyak diluar sana

Sangat banyak sekali obyek foto diluar sana jika kamu mau berlatih, berlatihlah terus menerus, apapun dan dimanapun carilah berbagai macam obyek foto, baik foto alam, manusia, tanaman dll apapun yang kamu temui dan saran saya buatlah daftar kegiatan foto dalam 1 minggu, 1 bulan dan 1 tahun. Bawa kamera kemanapun kamu pergi. Semakin banyak berlatih kamu akan cepat menguasai banyak hal dalam fotografi. Berlatih berlatih berlatih dan berlatih……

Keempat hal ini jika disingkat menjadi “F O T O” lakukan dengan hati maka niscaya hasil-hasil foto mu akan menjadi indah untuk dinikmati oleh semua orang dan kamu menjadi seorang fotografer yang handal

Maju terus fotografer Indonesia

#Gofotografer

 

 

Tags:

About The Author