Dengan semakin murahnya harga kamera DSLR, sekarang tidak sedikit orang banyak memiliki kamera jenis ini, dan sampai sekarang pun kamera DSLR sangat diminati oleh kalangan pelajar hingga kalangan profesional.

Tidak sedikit juga sekolah-sekolah khususnya SMA sudah membuka ekstrakurikuler multimedia, dan hampir kebanyakan siswanya sudah memiliki kamera DSLR yang entry level.

Untuk 5 cara merawat kamera DSLR ini bisa diterapkan bagi kamu-kamu yang memang sedang hobi fotografi ataupun bagi kamu-kamu yang memang sudah profesional di bidang ini, sering kali banyak melewatkan hal-hal yang sederhana agar supaya kamera DSLR mu dapat awet meskipun sudah dipakai berkali-kali

  1. Gunakan tas khusus kamera DSLR
    Mengapa hal ini sangat penting karena jika kita menggunakan tas biasa yang tidak diperuntukkan untuk kamera maka kebanyakan tas itu sangat minim dengan spon busa, dimana hal ini berfungsi untuk menahan benturan jika kita sedang traveling. Maka untuk lebih amannya maka disarankan untuk menggunakan tas kamera khusus karena produsen sudah memperhitungkan tingkat resiko benturannya.
  2. Jauhkan dari air
    Untuk kamera jenis new entry maka body kamera tidak dilengkapi dengan wheater shield, jadi terbuat dari bahan yang memang anti dengan air, jadi jika kamu sedang hunting foto dan memang di daerah dekat air maka sebisa mungkin kameramu tidak terkena percikan air, dan jika kondisi sedang hujan segera simpan atau amankan kameramu. Sekarang ada di jual rain coat khusus kamera DSLR tapi kami tidak menyarankan hal ini kamera kamera new entry memiliki body yang rentan dengan air.
  3. Bersihkan body kamera secara berkala
    Jika selepas kamu hunting ataupun selesai memakai kamera, segera bersihkan body dan lensa kameramu, bisa menggunakan kuas khusus kamera sehingga meminimalisir debu jalanan yang bisa jadi masuk kedalam sensor kameramu.
  4. Lepas baterai jika lama tidak dipakai
    Jika selesai memakai kamera dan kamu berencana tidak akan memakai kamera dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya lepaskan baterai dari body kamera, untuk menjaga performa baterai agar lebih awet.
  5. Simpan di lemari khusus yang bebas lembab
    Jika kamu mempunyai badjet lebih kami menyarankan untuk membeli dry cabinet dimana lemari ini memang di desain untuk menyimpan kamera dan aksesorisnya, dimana dijaga tingkat kelembabannya, jika memang belum ada budjet lebih kamu bisa menggunakan box biasa dan di box tersebut diberikan beberapa silica gel untuk menyerap kelembaban, jadi kameramu akan terbebas dari jamur.

Kelima hal sederhana diatas bisa kamu terapkan untuk kamera DSLR kesayanganmu, karena dengan memiliki kamera DSLR yang performa dan kondisi baik maka akan mempengaruhi hasil jepretanmu dan dapat menciptakan karya-karya fotografi yang baik.

Salam gofotografer.