Salam Penggemar JFM sekalian, di penghujung minggu ini saat ini saya akan berbagi cara sederhana memperbanyak job pemotretan, untuk meningkatkan kemampuanmu dan memberikan kepuasan kepada klien. Klien yang bersemangat dan puas merupakan mesin jet untuk pemasaran produk kamu, sayangnya banyak fotografer tidak tahu bagaimana mengubah pelanggan menjadi penggemar.

Dalam Artikel ini kamu akan menemukan lima hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membangun hubungan jangka panjang dan mengubah dari pemotretan biasa menjadi pemotretan yang terus berkesinambungan.

1. Jadilah Profesional

telephone-586266_960_720

 

Gambar oleh niekverlaan

Profesional bukanlah sekedar mendapatkan uang dari sebuah proyek pemotretan namun lebih dari itu, Kamu harus menampilkan citra sebagai seorang profesional sejak awal pertemuan bahkan sebelum kamu bertemu dengan klien. Untuk dapat menampilkan citra seorang fotografer profesional tidaklah mahal kamu hanya perlu melakukan beberapa hal sederhana tanpa harus mengeluarkan uang puluhan juta rupiah.

2. Membantu, Jadilah penyedia informasi yang berguna

landscape

 

Berikan klien Kamu alasan tambahan untuk memesan layanan dengan menyediakan sesuatu yang eksklusif seperti informasi yang berguna, akses yang terbatas dan lain-lain. Kamu dapat menulis tentang tempat-tempat wisata untuk para fotografer landscape dan memasukkan pada blog atau web kamu. Ide dasarnya adalah untuk mencari tahu kemungkinan kesenjangan pengetahuan klien kamu dan mengisinya.

Hal ini tidak hanya bagus untuk memperkuat hubungan kamu dengan pelanggan, tetapi juga dapat membantumu membangun reputasi sebagai seorang fotografer profesional yang berpengalaman serta profesional terkemuka. cara ini akan bekerja sebagai pesona untuk menarik prospek yang berkualitas.

3. Kembangkan ide Kreatif dengan Bonus

Setiap bisnis ingin membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan mereka, demikian juga dalam bisnis fotografi. Ingatlah selalu bahwa klien setia kamu akan sangat membantu kamu untuk menemukan klien yang baru, namun pertanyaannya apa yang mereka mendapatkan sebagai imbalannya? Mengembangkan sebuah program kreatifitas yang berbasis kepada pelanggan untuk menciptakan pelanggan yang loyal adalah jawabannya. Diskon eksklusif atau sebuah mini-sesi foto gratis dapat kamu berikan hanya untuk memuaskan pelanggan kamu dan yang pasti akan meninggalkan dampak

4. Dekatkan diri dengan klien

Ada banyak cara untuk mendekatkan dirimu dengan klienmu salah satunya dengan media sosial, Media sosial memiliki pengaruh yang besar bagi kelangsungan bisnis kamu, kamu dapat membuat halaman di Facebook, membuat akun Instagram dan lain-lain. Dengan membuat halaman facebook dan sosial media lainnya kamu dapat mengetahui aktifitas klien kamu dan dapat mengenal mereka lebih lagi sehingga karya yang kamu berikan untuk mereka menjadi lebih kuat dan lebih baik. Kamu dapat terus berkomunikasi dengan klien kamu melalui komen-komen menarik pada halaman Facebook bisnis kamu dan hal tersebut akan meninggalkan kesan mendalam serta menjadi rekomendasi bagi klien kamu yang baru.

klien

Gambar oleh Alejandro Escamilla

5. Tindak lanjut

Menindaklanjuti penting. Ketika dilakukan dengan benar, hal ini membantu Kamu memperkuat hubungan dengan klien Kamu saat ini. Selain itu, ini adalah cara yang pasti bagi Kamu untuk direkomendasikan lebih sering.

 

thanks

gambar oleh Ginger Quip

Mengucapkan terimakasih merupakan hal yang tidak biasa dilakukan banyak orang dan banyak perusahaan, bahkan untuk perusahaan besar sekalipun. Kamu dapat membuatkan sebuah ucapan terimakasih yang diberikan bersama dengan paket album yang kamu berikan atau melalui apdate berita pada web, halaman Facebook dan lain-lain, sebagai ucapat terimakasih atas sesi yang indah dan menyenangkan yang kamu telah lalui dan dapatkan.

Ringkasan

Ini sebuah bonus untuk kamu dan judul “Ringkasan” hanyalah pengecoh untuk kamu lebih dekat dengan saya, namun jangan terburu-buru untuk menutup halaman ini karena saya akan memberikan sesuatu yang dapat kamu pakai untuk menjadi bekal dalam mempertahankan klien kamu selamanya. langsung saja, ini bonus untuk kamu bahwa untuk dapat mempertahankan klien kamu selamanya adalah ketulusan, gairah untuk apa yang Kamu lakukan, dan komitmen terhadap kualitas yang memotivasi orang untuk bertahan selamanya. Apabiala semua itu ada pada kamu, Selamat kamu memiliki sesuatu yang Wow dalam bisnis yang dapat mempertahankan klien kamu selamanya.

Apakah kamu punya tips yang lain untuk memperbanyak job pemotretan, bagikan disini ya..

Salam JFM.

Sumber Digital Photography School