Lima hal yang akan saya bagikan ini merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh fotografer baik itu masih amatir ataupun yang sudah profesional. Yang saya sebutkan ini merupakan hal-hal yang sederhana saja tetapi bisa sangat fatal kalau sampai kita melakukannya.

flower

1.  Lupa mengosongkan kartu memori

Kamera sudah siap, lensa sudah siap, memori sudah dimasukkan ke dalam ke kamera. Ketika kita sudah sampai tujuan foto kita waktu nya penjepretan ternyata ada keterangan di kamera kita “Memory Full” gimana rasanya kalau terjadi hal itu, apalagi foto di dalam memori belum dipindahkan. Coba kamu bayangin kalau lokasi hunting kita jauh. Maka dari itu biasakan jika kamu sudah selesai sesi pemotretan jangan lupa untuk langsung meng”copy” file fotomu dalam media penyimpananmu baik itu di Laptop / PC. Kemudian bisa untuk mengosongkan kembali memori kameramu.

2. Pergi pemotretan dengan baterai kamera habis

Hal yang kedua yang memalukan adalah ketika kita sudah siap akan pergi hunting foto atau melakukan sesi pemotretan, ternyata ada peringatan di kamera kita baterai kita sudah tidak cukup daya. Lalu apa daya mu untuk menjepret obyek tanpa sebuah baterai di kameramu. Sia-sialah waktumu. Biasakan untuk memenuhi baterai kameramu setiap kali kamu selesai memakainya. Jika punya budjet lebih belilah satu baterai lagi sebagai cadangan dan selalu letakkan di dalam tas kameramu. Sehingga hal yang memalukan ini tidak terjadi.

3. Lupa membawa “Plate Tripod”

Ketika kita ada sesi pemotretan dan memang seharusnya kita membawa tripod, sesampainya di lokasi pemotretan tripod sudah siap dipakai, kamu sadar ternyata ada yang kurang di tripodmu yaitu “Plate tripod” yang berfungsi untuk mengunci dan menaruh kamera di  tripodmu. Sia-sialah kamu membawa tripod yang akhirnya tidak bisa dipakai. Biasakan untuk mengecek kembali tripodmu dari plate tripod, kunci-kucian kaki tripod masih sempurna.

4. Mengganti lensa di waktu yang tidak tepat

Bayangkan ketika kamu sedang memotret acara penting seperti di acara pernikahan, ketika penganten sudah berjalan kearah fotografer dan kamu sedang memakai lensa tele, cepat-cepat kamu mengganti lensa wide tetapi sangat disayangkan ketika kamu terlambat mengganti dan pengantin sudah melewatimu. Akhirnya kamu tidak dapat memfoto moment berharga. Untuk acara-acara penting pastikan kamu mempunyai daftar acaranya dan untuk antisipasi jika kamu punya kamera lebih kamu bisa mengaturnya satu kamera untuk wide dan satunya untuk tele. Belajarlah cara mengganti lensa dengan cepat.

5. Meletakkan tas kamera dengan sembarangan

Ketika kita sudah melakukan sesi pemotretan karena terlalu asyik dengan pindah-pindah lokasi dan kita meletakkan tas kamera di lokasi semula. Akhirnya baru sadar ketika kita mau ganti lensa dan kita lupa meletakkan tas kamera kita. Bisa jadi sebelum kita sadar tas kamera kita sudah lenyap diambil orang. Biasakan untuk mengingat barang bawaan kita. Jika anda sedang melakukan sesi pemotretan biasakan untuk membawa teman / asisten untuk membantu kamu membawa peralatanmu.

Itulah kelima kesalahan para fotografer yang sering kali terjadi. Apakah ada dari lima hal tersebut yang paling sering kamu lakukan.

Ceritakan pengalaman pribadimu di kolom komentar di bawah ini.