Kupu-kupu merupakan salah satu subyek terindah dalam kita mencari foto, tapi perlu diingat tidak mudah juga dalam “hunting” kupu-kupu ini karena termasuk serangga yang bersayap dalam bisa dibilang sangat lincah berpindah dari satu bunga ke bunga yang lain. Berikut tips singkat mendapatkan hasil yang maksimal dalam “hunting” kupu-kupu.

Shutter2

  1. Carilah lokasi yang penuh dengan bunga

    Tidak perlu jauh-jauh untuk mencari lokasi yang penuh bunga, cobalah lihat sekelilingmu, apakah taman bunga ada dihalaman depan rumahmu, jika tidak ada cobalah lihat taman tetanggamu (ijin dulu ya kalau mau masuk taman orang lain 🙂 ) atau taman di kompleks perumahanmu, kupu-kupu sangat menyukai bunga dan kalau pagi antara jam 7 – 10 pagi sering kali kupu-kupu mencari bunga-bunga untuk mencari makanan. Semakin banyak bunga di taman tersebut maka kemungkinan banyak mendapatkan kupu-kupu untuk di foto.

  2. Gunakan lensa Tele

    Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan lensa tele, karena jika kita terlalu dekat dengan kupu-kupu maka kupu-kupu tersebut akan terbang menjauh, kami menyarankan gunakan lensa tele diatas 100mm sehingga kamu akan mendapatkan foto yang lebih dekat dengan kupu-kupu tersebut.

  3. Sabar menunggu dalam satu spot

    Ketenangan dalam memfoto binatang sangat diperlukan, jika kamu merasa di salah satu spot bunga itu sering dihinggapi oleh banyak kupu-kupu maka tunggulah disekitar bunga tersebut, maka kemungkinan besar kamu akan mendapatkan foto kupu-kupu yang bag

  4. Gunakan Tripod atau Monopod

    Dalam memfoto binatang bantuan sebuah tripod atau monopod sangat dibutuhkan karena jangan sampai tangan kamu lelah hanya karena memegang kamera terus menerus, dan sangat dianjurkan menggunakan bantuan tripod / monopod ini karena bisa mendapatkan hasil gambar yang bisa fokus.

  5. Setting kamera menggunakan Manual

    Mengapa kami menganjurkan menggunakan settingan kamera Manual karena disini kamu bisa mengatur shutter speed dan diafragma secara detail. Untuk mengambil gambar kupu-kupu diperlukan shutter speed diatas 1/250 karena dibutuhkan kecepatan rana dalam mengambil gambar. dan semakin sempit diafragma yang kamu pakai akan mendapatkan hasil yang bokeh.

  6. Berlatihlah terus dan nikmati

    Untuk mendapatkan gambar atau foto yang baik diperlukan kesabaran dan berlatih terus menerus, semakin kamu berlatih trus maka kepekaan mu dalam membaca gerak kupu-kupu maka pasti kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

INGAT HASIL TIDAK MENGHIANATI PROSES – TERUSLAH BERLATIH

#gofotografer