Ketika saya membuka situs dari Matador Network ada tips yang cukup menarik yang dapat kita perhatikan khususnya ketika kita akan atau sedang hobi memotret hewan baik itu langsung di hutan ataupun bisa juga di Taman Safari atau museum satwa.

1. Menggunakan Multi Titik Fokus

MT_5wrongs-7-940x627 (Custom)

Banyak kamera DLSR terbaru memiliki banyak titik untuk autofokus, ada yang 16 titik ada yang 24 titik sering kali kita sebagai fotografer memanfaatkan kecanggihan dari sensor ini. Tapi sering kali autofokus dengan banyak titik ini mencari subyek terdekat dari tengah sebuah frame. Dalam kasus gambar diatas fokusnya terdapat di lubang hidung burung hantu. Jadi ketahuilah dengan pasti subyekmu jadi kamu tahu apa yang akan menjadi titik fokusmu.

Bagaimana solusinya,

MT_5wrongs-8-940x627 (Custom)

Gunakan mode satu titik fokus, jadi dengan menggunakan satu titik fokus kita bisa menargetkan titik mana yang akan menjadi nilai fokus kita, dalam contoh digambar ini dia menggunakan satu titik fokus tepat di mata si elang.

2. Salah Menggunakan Shutter Speed

MT_5wrongs-3-940x627 (Custom)

Satwa biasanya memiliki gerakan yang sangat cepat dan tak terduga kalau kamu tidak menaikkan nilai shutter speed / kecepatan rana kameramu kamu akan mendapatkan hasil gambar yang blur. Dengan meningkatkan nilai shutter speed kamu harus perhatikan untuk meningkatkan nilai ISO dan nilai dari diagfragma lensamu.

Bagaimana solusinya,

MT_5wrongs-4-940x626 (Custom)

Saya rasa ini tips yang sangat menarik, menggunakan nilai ganda dari nilai lensa kita, jadi misal kita menggunakan lensa 100mm berarti paling tidak nilai shutter speedmu 1/200 s untuk mencegah kamera bergerak. Untuk mencegah gambar blur dan mengikuti gerakan cepat gandakan lagi nilai dari nilai shutter mu.

3. Terlalu konsentrasi dan fokus terhadap subyek.

MT_5wrongs-5-940x627 (Custom)

Kita harus lebih hati-hati dengan latar belakang dari subyek yang akan kita bidik. Dalam kasus ini memang memiliki nilai yang bagus seperti subyek fokus, background blur (bokeh), tapi kl diperhatikan di dalam background atau latar belakangnya ada garis-garis hitam yang ditimbulkan oleh pohon-pohon.

Bagaimana solusinya,

MT_5wrongs-6-940x627 (Custom)

Perhatikan frame dalam kameramu, cobalah cari sudut mana yang lebih baik dengan melihat sekitar dari latar belakang dalam frame kameramu. Kalau kita lihat dari gambar tersebut dia memotret agak sedikit keatas jadi latar belakang hanya hamparan hijau dengan titik fokus yang benar, latar belakang bokeh.

4. Tidak memperhatikan nilai dari diafragma

MT_5wrongs-9-940x627 (Custom)

Nilai diafragma sangat mempengaruhi latar belakang dari subyek tersebut, jadi jika kamu salah memberi nilai dari diafragmamu gambar fotomu tidak akan mempunyai nilai lebih. Dari gambar tersebut memang pada dasarnya sudah seperti bokeh tapi masih terlihat ramai karena masih agak sedikit fokus.

Bagaimana solusinya,

MT_5wrongs-6-940x627 (Custom)

Dengan memberikan nilai terendah dari kameramu jika kamu memiliki lensa 2,8mm gunakan nilai ini yang paling baik untuk mendapatkan bokeh yang sempurna

5. Kamu sebagai fotografer terlalu nyaman

MT_5wrongs-11-940x627 (Custom)

Jika semua gambarmu terlihat sama semua apalagi dari sudut pandang level mata akan terlihat membosankan. Apalagi kamu takut kotor dan basah.

Bagaimana solusinya,

MT_5wrongs-12-940x625 (Custom)

Jangan takut kotor dan basah, apalagi jika kamu sedang memotret satwa reptil. Jika kamu perhatikan gambar tersebut akan terlihat kontak mata dengan lensamu.

6. Kamu tidak memakai lensa tele

MT_5wrongs-1-940x627 (Custom)

Kalau kamu perhatikan gambar elang terlihat sangat kecil, akan sangat sulit mendekati satwa liar dalam kasus ini kamu perlu sangat tenang, tempat yang tersembunyi dan biasanya akan sangat jauh dari subyek.

Bagaimana solusinya,

MT_5wrongs-2-940x625 (Custom)

Jika kamu sudah terjun di dunia fotografi dan ingin fokus di fotografi satwa liar tidak ada salahnya kamu mulai untuk menganggarkan untuk memiliki lensa tele, Minimal 300 mm.

Demikian 6 hal yang harus kamu perhatikan disaat kamu sedang melakukan foto dengan satwa liar, apakah kamu ada pengalaman yang menarik ketika foto dengan satwa liar? Bagikan dengan kami.

Sumber Matador Network