Gadjet yang tidak lepas dari manusia jaman now adalah handphone atau sering disebut dengan smartphone, dan teknologi smartphone sekarang sangat cepat sekali perkembangannya, apalagi sekarang banyak smartphone dilengkapi dengan fitur kamera canggih yang dipasangkan dengan smartphone seperti barusan ini smartphone terkenal Merk Samsung barusan merilis smartphone tercanggih dikelasnya yaitu Samsung Galaxy S9 dengan dilengkapi fitur kamera yang super canggih. Atau yang sekelas dengan Iphone X yaitu kurang lebih tidak kalah canggihnya dengan Galaxy S9.

Dengan membawa smartphone kemana-mana maka kamu sekarang tidak perlu membawa kemana-mana kamera DSLR ataupun mirrorless mu cukup jepret dengan smartphone mu maka kamu akan mendapatkan dokumentasi yang abadi dan terlebih lagi tidak melewatkan momen berhargamu.

Di artikel kali ini Gofotografer akan membagikan 6 tips foto dengan kamera smartphone

  1. Kenali kondisi ruangan
    Untuk outdoor dan indoor akan banyak mengalami perubahan suhu dan perubahan cahaya, jika kamu sudah pakai smartphone keluaran terbaru seperti tahun 2017 keatas maka biasanya smartphone mu dilengkapi dengan fitur low light atau minim cahaya, jadi dengan mode auto saja di smartphone kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Belajar sudut pandang
    Pentingnya belajar sudut pandang dalam memfoto, didalam dunia fotografi minim ada 3 macam sudut pandang, sperti tampak atas, tampak bawah, ataupun tampak sejajar dengan mata atau normal hal ini akan sangat mempengaruhi hasil fotomu, lihatlah kondisi dari obyek ataupun background ketika akan memfoto bekreasilah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  3. Terapkan rules of thirds
    Masih ingat dengan rules of thirds, rules of thirds adalah rumus utama dalam fotografi, jika kamu menguasai hukum ini maka niscaya hasil fotomu akan lebih bagus. Mengikuti pola dalam fotografi, gampangnya seperti ini, foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar baik secara vertikal maupun horisontal sehingga memiliki 9  area yang sama besar. Kemudian kita akan mempunyai 4 titik pertemuan, keempat titik pertemuan ini yang bisa kita letakkan Point of Interest foto kita. Atau meletakkan obyek foto kita disalah satu 4 titik ini. Maka hasil foto kita akan lebih sedap dipandang.
  4. Jangan gunakan flash kamera (lihat kondisi)
    Kenapa saya sarankan tidak menggunakan flash kamera karena flash kamera hanya bisa menjangkau kurang lebih hanya sampai 2 meter ke obyek saja, karena dengan / tidaknya flash di kamera maka hasilnya akan lebih tidak baik jika menggunakan flash. Tetapi lihat kondisi kita akan foto obyek apa kalau jaraknya tidak lebih dari 2 meter maka kamu bisa gunakan flash kameramu. Tapi perlu diingat flash kamera di smartphone akan tembak langsung ke obyek dan akan mengakibatkan hasil yang cukup hard photo. Karena flash ditembak secara langsung.
  5. Gunakan fitur efek di kamera
    Fitur efek bawaan dari kamera smartphone saya pikir sudah cukup istimewa, seperti di Galaxy S9 / S9+ sudah dilengkapi dengan bokeh (blur dibagian belakang), efek-efek lain yang bisa membuat hasil fotomu lebih elegan.
  6. Foto sebanyak mungkin
    Menggunakan kamera di smartphone kamu tidak usah berpikiran tentang shutter count, karena tidak akan dibatasi dengan banyaknya jumlah berapa kali kamu memfoto seperti di kamera DSLR atapun di mirrorless. Semakin banyak obyek yang kamu foto maka kamu akan terlatih semakin mahir dalam foto suatu obyek.

Itulah ke enam point utama jika kamu ingin mahir ataupun ingin mendapatkan hasil yang hasil yang maksimal, jika kamu ada tips lain boleh nih di bagikan di kolom komentar. Biarlah dengan banyak membagikan ilmu maka fotografer di Indonesia banyak belajar.