7 Tips Singkat Menjadi Fotografer Pernikahan

7 tips singkat menjadi fotografer pernikahan saya rangkum dari satu website terkenal diluar negeri tentang fotografi. Melalui website ini saya juga merasa terinspirasi dan banyak mendapatkan manfaat untuk meningkatkan skill kemampuan fotografi saya.

wedding-photography-5

Untuk menjadi fotografer pernikahan atau bahasa keren nya Wedding Photografer harus mempunyai dasar dalam fotografi kenapa?? karena momen pernikahan tidak akan dapat diulang kembali ketika kita sebagai seorang fotografer melewatkan momen tersebut maka yang terjadi banyak klien kita merasa kecewa.

Jika kamu seorang pemula dan ingin belajar fotografi pernikahan cobalah untuk bergabung dengan beberapa fotografer yang sudah berpengalaman fotografi pernikahan bisa kamu menjadi seorang asisten nya atau ikut nimbrung dengan tidak dibayar bukan berarti foto kamu tidak berarti ya tapi manfaatkan waktu itu untuk belajar karena itu merupakan investasi waktu belajarmu dengan kondisi nyata.

Survey lokasi pernikahan

Mengapa harus survey? kita sebagai fotografer harus mengenal kondisi atau medan yang nantinya menjadi tempat kita untuk mengambil momen terbaik jika tempat pernikahan yang akan kamu ambil tidak kamu kenal ada baiknya kamu segera cek kondisi tempat yang ada, carilah spot-spot dimana itu merupakan spot terbaik untuk acara pernikahannya.

Persiapan adalah kunci seorang fotografer

Ya untuk acara pernikahan ada momen sekali seumur hidup sebagai seorang fotografer pernikahan kamu harus benar-benar mempersiapkan segala macam kondisi yang terburuk pun, saran saya adalah bawa baterai cadangan untuk kameramu, bawa memori cadangan, pikirkan rute yang besok akan dilalui pengantin.

Matikan suara kameramu

Ada baiknya matikan fitur sound di kameramu, karena jika kamu mengambil gambar di Gereja, ataupun di Masjid ketika ada janji pernikahan suara jepretan di kameramu tidak menganggu yang lain.

Jepretlah hal-hal kecil

Apa saja hal-hal kecil tersebut : cincin pernikahan, gaun pengantin tampak belakang, sepatu pengantin, bunga dekorasi, dekorasi gedung. Foto-foto tersebut dapat digunakan nantinya menjadi pemanis dalam album foto pernikahan yang akan kamu berikan ke pengantin.

Ada baiknya kamu punya rekan fotografer

Mempunyai rekan fotografer kamu akan memiliki ektra tenaga dan waktu, jadi kamu bisa bagi lokasi atau area foto dan ketika mengambil momen dapat dari angle yang berbeda.

Foto dalam bentuk RAW

Di dalam kamera profesional ada menu pilihan untuk kualitas foto, gunakan selalu mode RAW untuk momen yang berharga seperti fotografi pernikahan ini, baiknya jika ada yang under atau over exposure pas itu ada momen yang terbaik kamu dapat mengedit di program editing foto dan kamu mendapatkan gambar yang terbaik.

Ganti sudut perspektif

Kamu bisa mengexplore kembali dalam mengambil sebuah gambar, ada baiknya lihatlah sudut mana yang terkadang tidak wajar, bisa tampak dari bawah ataupun sebaliknya, jadi peka terhadap kondisi yang ada.

Ya itulah ketujuh tips singkat yang dapat saya rangkumkan semoga 7 tips singkat menjadi fotografer pernikahan ini dapat kamu terapkan dalam ilmu fotografi mu, jika kamu ada tips yang lain boleh komen untuk dapat kita sama-sama saling dukung menjadi fotografer Indonesia yang terbaik.

Maju terus fotografer Indonesia

#gofotografer

Sumber : Digital Photography School

Tags:

About The Author