Profesional bukanlah sekedar mendapatkan uang dari sebuah proyek pemotretan namun lebih dari itu, Kamu harus menampilkan citra sebagai seorang profesional sejak awal pertemuan bahkan sebelum kamu bertemu dengan klien. Untuk dapat menampilkan citra seorang fotografer profesional tidaklah mahal kamu hanya perlu melakukan beberapa hal sederhana tanpa harus mengeluarkan uang puluhan juta rupiah, berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk dapat menampilkan citra profesional tanpa harus mengeluarkan uang puluhan juta rupiah.

1. Cepat merespon permintaan klien

Pelayanan terhadap klien merupakan hal yang terlalu penting untuk diabaikan, mari bayangkan, ketika kamu berada dalam momen yang penting, menarik dan menyenangkan tentunya kamu sangat ingin melihat bagaimana peristiwa itu diabadikan dan kamu ingin sesegera mungkin menceritakannya dengan orang lain atau menunjukkannya dalam salah satu sosial media yang kamu miliki, hal tersebutlah yang di alami oleh klienmu. maka sangatlah penting untuk merespon dengan cepat permintaan klienmu baik dengan menunjukkan beberapa foto menarik saat acara atau dengan sesegera mungkin memproses hasil foto yang tentunya juga mengutamakan hasil yang maksimal. Percayalah walaupun merupakan cara lama, cepat merespon klien selalu ampuh untuk menunjukkan bahwa kamu fotografer profesional.

2. Buat Personal Website

Saat ini internet menjadi kebutuhan hidup dan gaya hidup baru, terutama bagi anak muda. website merupakan tempat pertama klien menemukangenali dan melihat hasil karyamu pada masa ini, untuk itu adalah penting untuk memiliki website dan selalu memperbaharui website serta mengupdatenya secara berkala. untuk dapat memiliki website bisa secara gratis ataupun yang berbayar.

3. Miliki kartu nama

Dengan memiliki kartu nama kamu akan selalu percaya diri untuk memperkenalkan diri sebagai seorang fotografer profesional, dan akan sangat membantu untuk meninggalkan jejak dan kesan profesional pada calon klien. Untuk memiliki kartu nama kamu hanya perlu mengeluarkan uang 50-100 ribu rupiah saja.

4. Tepati janji yang kamu sampaikan

Menjadi profesional juga berarti selalu menepati janji yang kamu buat atau sampaikan dan apabila kamu belum dapat menepati janji kamu, kamu dapat mengkomunikasikannya dan memberikan kompensasi sehingga klien kamu selalu dapat melihat bagaimana tindakan profesional kamu.

5. Jangan berhenti belajar

Profesional berarti selalu kreatif dalam berinovasi dalam bidang profesional kamu, sehingga klien akan selalu dapat berkomunikasi dengn kamu tentang apa yang mereka harapkan. dengan menyampaikan hal-hal yang terbaru maka klien akan melihat kamu sebagai seorang profesional

6. Perbanyak pengalaman

Pengalaman selalu menjadi guru terbaik dalam banyak bidang terutapa dalam ilmu praktis. perbanyaklah pengalamanmu dalam menangani setiap kondisi pemotretan, kamu dapat membantu beberapa teman yang sudah lebih dahulu terjun dalam dunia profesional dan menimba ilmu dari mereka.

7. Jaga penampilan

Apapun cabang fotografi yang kamu ambil sangatlah penting untuk menjaga agar penampilan kamu tetap rapi dan nyaman. buatlah klien kamu nyaman bersama kamu dengan cara kamu menampilkan diri dengan baik, rapikan rambut, pakaian dan jaga keharuman tubuh agar klien kamu nyaman karena sangat mungkin kamu akan berkeringat dalam sesi pemotretan. Apabila kamu memperhatikan penampilanmu maka klien akan memahami kamu sebagai seorang profesional.

8. Perbanyak mitra

Profesional berarti kamu berhasil menghadapi berbagai kondisi dan kendala dalam setiap projek yang kamu jalani, nah disinilah pentingnya mitra. Memiliki banyak mitra akan menjadikan kamu memiliki banyak alternatif solusi dari setiap permasalahan kamu. misalkan saja ketika kamera kamu rusak atau bermasalah, kamu dengan mudah uantuk mendapatkan kamera karena kamu memiliki mitra yang meminjamkan atau menyewakan kamera, begitu juga dengan peralatan lainnya.

Jadi, Siapkah kamu untuk menjadi seorang fotografer profesional? nama besar Fotografer dibangun oleh banyak fotografer salah satunya kamu, untuk itu mari kita jaga bersama etika profesi dan profesionalitas dalam profesi ini.