Sepeti kita pahami bersama agar dapat menghadirkan detail saat memotret menghadap matahari, kita membutuhkan cahaya tambahan untuk mengisi bagian yang tidak terkena cahaya. Namun apakah itu satu-satunya cara untuk mengabadikan indahnya drama langit? ada kalanya keindahan dan emosi yang kuat dapat hadir melalui tegasnya garis-garis dan kuatnya bahasa dalam bentuk. tegasnya garis dan bentuk hadir ketika kita tidak memakai flash atau cahaya tambahan dan itulah yang disebut dengan siluet.

siluet1

untuk dapat menghasilkan foto siluet yang menawat berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui :

1. Pilihlah bentuk yang kuat

Hampir setiap bentuk dapat dipotret siluet, namun tidak semua bentuk bagus dan menarik untuk dijadikan siluet. Pilihlah sesuatu yang memiliki karakter bentuk yang kuat dan mudah dikenali dalam bentuk dua dimensi karena siluet tidak menampilkan warna, tekstur dan gradasi warna. kekuatan dari siluet adalah bentuknya yang jelas, tegas dan berkarakter

siluet2

2. Jangan gunakan Flash

Ketika kamu memakai kamera dengan mode otomatis maka flash pada kamera kamu akan otomatis menyala sehingga memunculkan detail permukaan, menghilangkan kontras dan merusak ketegasan siluet, dengan tidak menggunakan flash maka kontras antara bentuk utama dan latar belakang akan memperkuat karakter bentuk.

3. Kuasai pencahayaan

Untuk dapat berhasil memotret siluet, ketika datang kelokasi dan melihat pencahayaan yang ada pada bentuk utama yang menjadi sasaran kita maka kamu harus meninggalkan banyak hal yang kamu pelajari tentang fotografi yang normal. dalam fotografi normal ketika melihat pencahayaan yang kuat pada latar belakang maka kita akan memberikan cahaya pada bagian depan, namun dalam siluet kamu perlu benar-benar memastikan ada banyak cahaya pada latar belakang dan hal sempurna yang dapat kamu lakukan dengan menempatkan bentuk yang ingin kamu jadikan siluet didepan sunset atau sunrise.

4. Bingkai Foto

Bingkai foto kamu dengan latar belakang cahaya yang kuat sehingga bentuk yang kamu bidik terlihat penuh, jelas dan kuat berpadu dengan kontras latar belakang yang mempertegas bentuk utama, umumnya latar belakang yang baik adalah saat langit tidak berawan sehingga mempertegas bentuk. namun apabila langit menampilkan banyak detail, kamupun masih dapat membingkai bentuk utama dengan mengambil pantulan cahaya sebagai latar belakang yang membingkai bentuk yang kamu ingin siluetkan.

siluet3

….. Bersambung

nah…bagaimana menurutmu, apakah kamu telah menerapkan keempat hal tadi? tunggu keempat hal lainnya dalam artikel selanjutnya.