Pada dasarnya siluet adalah cara yang indah untuk menyampaikan drama, misteri, emosi dan suasana hati didalam foto kita melalui kesederhanaan mereka. Tidak menampilkan detail bukan lagi menjadi kelemahan melainkan menjadi kekuatan untuk menghadirkan misteri dan imajinasi melalui bentuk-bentuk yang tegas dan bercerita.

5. Buatlah bentuk siluet yang berbeda dan rapi

bentuk siluet yang rapi dan jelas merupakan kekuatan pada foto siluet, sehingga yang melihat foto kamu tahu benar bentuk apa yang mereka lihat untuk itu apabila terdapat lebih dari satu bentuk dalam foto siluet kamu buatlah jarak yang memisahkan sehingga bentuk tidak saling bertumpuk, karena apabila bertumpuk akan mengaburkan bentuk utama yang kamu ingin ambil.

detail dalam foto siluet adalah garis-garis yang tegas yang mengelilingi bentuk utama, untuk itu cermatlah dalam melihat posisi bentuk kamu apakah mereka memunculkan bentuk yang kuat ataukah tidak.

siluet4

6. Lihat pergerakan objek dan angle

Memotret siluet membutuhkan kecermatan dalam membaca pergerakan bentuk dan melihat setiap kemungkinan angle yang ada. Dengan melihat pergerakan bentuk dan menunggu komposisi yang tepat maka kamu akan mendapatkan potret siluet yang kuat dan bercerita, untuk itu bersabarlah dan cermatlah dalam mengamati karena setiap detik selalu membentuk image yang berbeda.

siluet5

7. Mode Manual

Gunakanlah mode manual untuk mendapatkan penguasaan penuh pada kamera kamu, mode manual perlu kita gunakan dalam kondisi-kondisi yang ekstrim salah satunya dengan pencahayaan minim saat sunset atau sunrise. untuk awal lakukanlah pengesetan awal pada metering dan lakukan pengukuran didaerah yang paling terang atau latar belakang selanjutnya sesuaikan aperture dan shutter speed sesuai dengan hasil metering kamu, kalau mau mudahnya kamu dapat mencoba-coba dengan menggunakan mode auto setelah itu ketika kamu mendapatkan settingan yang pas maka gunakan itu pada mode manual, selanjutnya kamu dapat mengaturnya sesuai keinginan kamu.

8. Potretlah dengan menggunakan format RAW

Dengan menggunakan format RAW dalam setiap pemotretan kamu akan sengat membantu dalam proses akhir hasil karya kamu karena format RAW memberikan detail yang banyak dan sangat membantu kamu dalam mengolah hasil foto kamu sesuai dengan harapan serta menghidarkan kamu dari penyesalan ketika membuka file di komputer dan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan.

Tips terakhir sebagai bonus untuk kamu – cobalah bereksperimen dengan pengaturan cahaya dan angle dengan sedikit memberikan dimensi pada bentuk serta memakai sumber cahaya yang beragam entah itu alami ataupun buatan. Selamat mencoba..