Apakah Posisi Kamera DSLR akan Tergantikan dengan Kamera Mirrorless?

Kamera DSLR vs Kamera Mirrorless??

Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang sangat pesat, karena tiap pengembang mempunyai strategi pemasaran sendiri-sendiri, jika dibandingkan dari tahun 70-an hingga sekarang kamera profesional banyak mengalami perubahan baik dari segi teknologi, sensor, fitur bahkan dari segi fisik sebuah kamera itu sendiri.

Kamera DSLR ada sekitar tahun 2000-an atau kurang lebih sudah menempati posisi selama 16 tahun untuk memenuhi kebutuhan seorang fotografer, dan dalam 16 tahun itu semakin hari setiap brand atau merek terus menerus mengembangkan sensor dan fitur setiap kamera nya, dan juga tidak lupa mereka membuat kamera DSLR sesuai target nya, baik untuk fotografer pemula sampai fotografer profesional. Apalagi sekarang harga-harga kamera DSLR sudah dapat terjangkau sesuai konsumen nya.

Kamera Mirrorless berkembang mulai tahun 2008, sumber dari berbagai info, diciptakan kamera ini untuk menjawab kebutuhan konsumen juga, yang sebenarnya ingin hasil seperti kamera DSLR tapi bentuk atau fisik nya hampir sama kayak kamera pocket (saku) ringan mudah dibawa kemana-mana, dan lensa dapat diganti seperti kamera DSLR. Memang benar kamera mirrorless di era ini sangat “booming” karena semakin banyak orang yang ingin semua serba praktis, akhirnya di tahun-tahun sekarang banyak sekali orang memiliki kamera jenis ini.

Lalu apakah posisi kamera DSLR akan tergantikan dengan kamera Mirrorless?

Perbedaan mendasar dari dua kamera ini adalah dari segi fisik, yang satu lebih besar yang satu lagi lebih ringkas, mengapa seperti itu karena kamera mirrorless menghilangkan mirror (cermin) pembalik dari sebuah kamera DSLR sehingga gambar yang di bidik akan langsung mengenai sensor dari kamera mirrorless, inilah kenapa kamera mirrorless menjadi sangat praktis atau ringkas.

Kita lihat dari segi sensor, ya kurang lebih kalau head to head antara seri kamera DSLR ataupun Mirrorless sensor yang di miliki dua kamera ini hampir sama. Baik dari segi teknologi, segi kemampuan.

Sekarang ada satu salah brand yang sudah mengeluarkan kamera mirrorless menyatakan memiliki auto fokus tercepat yaitu hanya 0,05 detik dengan memiliki titik autofokus sebanyak 425.

kembali lagi ke tujuan kita semula ya, jadi sekali lagi jika kamu ingin menjadi seorang fotografer tentukan dulu kebutuhan dan keinginanmu, tujuan membeli kamera, apakah emang ingin menjadi fotografer profesional, atau hanya sebagai penunjang aktivitasmu.

Baca artikel lain : Membeli kamera

Kalau saya pribadi apakah kamera DSLR akan tergantikan dengan kamera mirrorless jawabannya tidak, karena setiap pengembang pasti diawal memiliki target pasar yang berbeda, apalagi di Indonesia masih penganut orang-orang yang suka koleksi.

Ya setiap orang mempunyai pendapat yang berbeda, apa pendapatmu?

Maju terus Fotografer Indonesia

#Gofotogafer

About The Author