Pada saat ini kami akan membahas bagaimana kita dapat memilih kartu memori yang tepat. Di pasaran sekarang banyak menawarkan berbagai jenis merek kartu memori. Dari merek yang terkenal sampai merek yang jarang kita ketahui. Banyak juga kriteria yang harus kita ketahui dari segi kapasitas, jenis, harga, kecepatan. Jika kamu menginginkan membeli yang kecepatan tinggi dengan kapasitas yang besar kamu harus membeli dengan harga yang sedikit mahal. Jika kamu menginginkan keduanya tapi dengan harga yang rendah maka konsekuensinya adalah dari segi kualitasnya.

Apa itu Kartu Memori

Kartu memori adalah semacam media penyimpan dengan ukuran yang kecil, dimana dapat menyimpan file / data / gambar sesuai dengan yang kita inginkan. Dan dapat digunakan untuk memindahkan file satu ke file yang lainnya.

Kapasitas

Disini beberapa perkiraan dari pemakaian memori untuk penggunakan fotografi / menyimpan gambar. 32 GB dapat menyimpan file 1000 RAW file kamera dengan asumsi 1 RAW bernilai lebih kurang 30 Mb. Seperti halnya kamera Canon 5D MK III akan menyimpan file RAW sebesar 25-35 MB. Jika kamu menyimpan dalam bentuk JPEG maka kamu dapat menyimpan sekitar 3200 file gambar dengan asumsi file JPEG yang fine / yang paling tinggi. Dimana nilai 1 JPEG lebih kurang sekitar 10 MB.

Tipe

Banyak tipe dari jenis-jenis kartu memori seperti : Micro SD Card, SD Card, M2 (dari Sony), Tetapi kebanyakan hanya tiga yang dipakai oleh kebanyakan para fotografer yaitu Secure Digital (SD) Card, Eye FI Card, dan Compact Flash (CF) Card.

Saya akan akan menjelaskan dari ketiga jenis kartu memori yang paling sering digunakan.

1. Secure Digital (SD) Card

sdcard

Tipe ini yang paling sering digunakan oleh para fotografer dunia, dan juga berbagai jenis merek kamera kebanyakan menggunakan kartu memori jenis ini. Pada tahun 1999 kapasitas tertinggi hanya sekitar 2 GB. Namun dengan berkembangnya teknologi maka pada tahun 2006 diciptakan kartu memori jenis SDHC (Secure Digital Higher Capacity) dengan kapasitas tertinggi 64 GB. Pada tahun 2009 diciptakan jenis SDXC (Secure Digital Extend Capacity) dengan kapasitas tertinggi sekitar 2TB.

Kecepatan SD Card

Class Minimum Speed
2     2MB/s
4     4MB/s
6     6MB/s8     8MB/s
10   10MB/s

UHS Class Minimum Speed
1    10MB/s
3   30MB/s

2. Eye-Fi Card

eye-fi-4gb-wifi-sd-card

SD tipe ini yang paling unik karena disertai dengan wifi. Jadi kartu ini dapat langsung terkoneksi dengan handphonemu tanpa harus repot-repot memindahkan isi dari kartu memori. Dan kartu ini paling sering digunakan untuk fotografer dalam rangkaian pameran jadi dengan mudahnya para fotografer mengambil obyek maka orang lain dapat melihat langsung hasilnya di dalam layar yang sudah terhubung dengan wifi dari kartu memori tersebut.

3. Compact Flash (CF) Card

sandisk_32GB_extreme_CF_card

Kartu ini diperkenalkan pada tahun 1994 dan sudah memiliki kapasitas besar dan kecepatan tinggi. Maka sering kali Kartu CF ini digunakan oleh para senior fotografer. Biasanya kamera jenis profesional memiliki dua slot yaitu slot untuk CF ini maupun slot untuk SD Card.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, dan dapat mengenal berbagai jenis kartu memori. Jika ada dana lebih investasikan karyamu dengan kartu memori yang memiliki kualitas bagus.