Bingung mau beli kamera?

Dalam dunia fotografi, tidak melarang orang-orang baru untuk belajar teknik fotografi asal kamu punya kamera, baik itu kamera di smartphone mu? atau kamera saku? atau jika kamu mempunyai dana yang cukup bisa membeli seperangkat kamera mirrorless ataupun kamera DSLR.

Waktu lalu saya dapat sebuah pesan ada yang akan membeli sebuah kamera dan meminta saran saya untuk membeli kamera merek apa? dia menanyakan kamera Nikon bagus tidak? kamera Canon bagus tidak? kamera Sony bagus tidak? kalau gini bagaimana jawabnya coba…. Kalau pertanyaan seperti itu ya semua merek pasti bagus, karena sekali lagi merek itu selera, ada yang suka Nikon, ada yang fanatik dengan Canon tapi sekali lagi semua itu pilihan.

bingung memilih kamera

Berikut saya bagikan tips untuk menentukan kamera apa yang cocok buat kamu, tapi sekali lagi semua keputusan ada di kamu ya.

  1. Tentukan kebutuhanmu
    Setiap membeli sesuatu biasakan sesuaikan dengan kebutuhanmu karena kamera pun di desain atau di buat sesuai dengan kondisi yang ada, jika kamu ingin menjadi fotografer profesional dan memang akan menggeluti dunia fotografi belajarlah dan membiasakan diri dengan kamera DSLR, tapi jika kebutuhan mu hanya sekedar jalan-jalan (traveling) dan kamu orang yang praktis dan efisien, atau jika kamu hobi ngevlog, ngeblog tidak ada salahnya kamu membeli kamera pocket atau jika mempunyai dana lebih bisa membeli kamera mirrorless. Jadi tentukan dulu kebutuhanmu
  2. Tentukan budjetmu
    Ya ujung-ujungnya pasti duit, memang di dunia fotografi ini masih dibilang hobi nya orang-orang yang mempunyai dana karena ketika kamu sudah menentukan kebutuhanmu harus tetap menyesuaikan dengan budjet yang ada. Membeli kamera tidak sekedar membeli kamera saja, tetapi tetap kamu harus anggarkan juga untuk membeli perlengkapan lain nya, seperti lampu flash, baterai cadangan, lensa fix, lensa zoom dll. Tapi jangan berkecil hati rata-rata sekarang sih setiap brand atau merek kamera pasti meluncurkan jenis-jenis kamera yang dengan harga terjangkau.
  3. Browsing atau berselancar di internet
    Dunia teknologi informasi yang sangat berkembang pesat ini juga tertolong dengan adanya internet, apapun kamu bisa cari informasi disini, dunia ini luas, tapi dengan adanya informasi yang lengkap di internet semua nya bisa dicari. Saran saya sih cobalah survey dengan review-review dari orang-orang yang sudah pakai kemera jenis ini, kamera jenis itu sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan keinginanmu dan dengan berselancar di internet kamu bisa membandingkan harga setiap merek, jadi bisa sesuai kan dengan budjetmu
  4. Bandingkan spesifikasi setiap tipe bukan merek
    Nah mengapa saya bilang bandingkan setiap tipe bukan merek, karena biasanya setiap merek pasti punya jenis-jenis atau tipe yang hampir mirip, misal kalau mobil ya head to head nya antara Agya dengan Ayla bukan toyota dengan daihatsu.. tapi ya tetap aja semua tipe itu kembali ke merek nya apa, jadi kalau mau membandingkan misal kalau kamera mirrorless kamera merek Sony A6000 vs Canon M3 jadi bisa lebih spesifik kembali lagi liat kebutuhanmu.
  5. Tentukan merekĀ 
    Nah jika sudah membandingkan tipe-tipe yang ada, barulah kamu tentukan merek apa yang akan kamu miliki, karena sekali kamu sudah memilih merek maka semua aksesoris kamera nya akan mengikuti merek yang kamu punya, baik untuk jenis lensa, untuk jenis flash, untuk baterai grip dan lain-lain. Sekali lagi semua merek pasti ada kelebihan dan kekurangan semua keputusan ada di tanganmu.

Nah itulah tips singkat saya untuk kamu-kamu yang bingung memilih kamera semoga bermanfaat ya,

Maju terus fotografer Indonesia

#gofotografer