Di dunia fotografi ada istilah bokeh atau ngeblur di bagian belakang obyek yang kita foto, untuk hal ini sangat diminati oleh kebanyakan fotografer karena dengan kondisi latar belakang kelihatan blur dan tajam di obyek maka membuat foto tersebut lebih berkesan menonjol karena hanya fokus di obyek utama.

Kegunaan lain dari foto bokeh ini adalah ketika memang kita paling sering foto makro, karena foto makro itupun hanya dipusatkan kepada 1 obyek utama saja. Lensa yang paling sering digunakan untuk foto makropun biasanya lensa dengan diafragma besar seperti f2,8. Dengan lensa f2,8 inipun dapat sangat mudah membuat foto yang kamu punya akan tajam di 1 obyek utama saja.

Bagaimana cara membuat foto Bokeh?

Untuk membuat foto bokeh untuk kamu yang baru belajar di dunia fotografi kamu bisa menggeser mode kamera ke arah makro atau dengan logo bunga. Dengan memilih mode ini maka setingan kameramu akan mengikuti setingan makro, latihlah terus menerus menggunakan mode ini sampai kamu bisa memahami lebih lanjut.

Perhatikan jarak lensa kamu dengan obyek utama, jarak antara lensa dengan obyek dan obyek dengan latar belakangnya kurang lebih harus sama, karena untuk menghasilkan blur latar belakangnya selain didukung jenis lensa, setingan di kamera dan juga jarak latar belakang dengan obyek harus proporsional jika ketiga hal ini tidak seimbang maka akan terlihat kurang sempurna. Tetapi tenang saja dengan banyaknya kamuu berlatih maka kamu akan bisa menemukan komposisi yang tepat untuk mendapatkan foto bokeh ini.

Tapi perlu diingat tidak semua foto harus kamu buat bokeh ataupun blur dibagian belakang sesuaikan dengan kebutuhan fotografimu dengan tema fotografimu.

Sekian info singkat dari kami, kami akan membuat tutorial dalam bentuk video, jangan lupa juga untuk subscribe di official channel kami disini.

Salam gofotografer