Kamera DSLR, termasuk kamera yang lumayan berukuran besar, beda dengan kamera pocket ataupun kamera mirrorless. Jarang sekali seorang fotografer memegang kamera DSLR nya dengan tangan satu, dengan kondisi atau waktu tertentu bisa jadi memang pegang tangan satu, tapi saran kami jika tidak ingin kameramu terjatuh, selalu gunakan tangan dua, untuk mendapatkan grip yang nyaman.

Setiap fotografer pasti mempunyai gaya yang berbeda-beda, tetapi kami akan memberikan basic atau dasar dalam memegang kamera DSLR yang benar, posisi kamera akan juga sangat mempengaruhi hasil jepretanmu, jika pegangan mu tidak stabil maka akan rawan goncangan dan membuat hasil fotomu terlihat blur.

Cara memegang kamera DSLR yang benar

  1. Jika kamera DSLR mu terdapat strap baik strap yang untuk di leher ataupun strap tangan, gunakan itu untuk memperkuat peganganmu, kalungkan strap leher di leher sehingga beban tidak menumpu di tangan saja.
  2. Gunakan tangan kiri untuk memegang body / badan kamera bagian bawah dan samping kiri, jadi seolah-olah tangan kiri mu seperti sebuah nampan, dan jempol yang kiri sedikit naik untuk memegang sisi samping kamera, gunakan jari telunjuk dan tengah untuk memutar zoom in dan zoom out lensanya.
  3. Gunakan tangan kanan untuk berada di sisi samping kanan dengan jari telunjuk siap sedia di tombol shutter, jempol kanan berada di sisi kamera bagian belakang yang digunakan untuk mengatur tombol-tombol dibagian belakang kamera, sisa ketiga jari yang lain untuk memegang grip kanan, di kamera DSLR kalau kamu perhatikan dibagian kanannya terdapat seperti lekukan itulah posisikan tangan kananmu mengikuti lekukan body kamera.
  4. Karena kebanyakan kamera DSLR mengandalkan view finder untuk melihat obyek maka gunakan mata kiri untuk melihat dari lubang view finder tersebut, untuk mata kiri atau kanan sebenarnya bebas saja lihat situasi di lapangan asalkan jangan kedua mata untuk melihat di view finder karena lubangnya cuma satu. hehehe
  5. Posisi badan harus stabil, jika disekitarmu ada tembok / tempat untuk bersandar gunakan itu, sehingga badanmu lebih stabil.

Lakukan kelima tips diatas, secara terus menerus maka kamu akan menjadi terbiasa dan hasil dari karya mu tidak akan menghianati proses belajarmu.

Demikian dapat saya sampaikan semoga tips ini dapat membantu para fotografer supaya lebih banyak berkarya.