Cara Memilih Kamera DSLR

Cara memilih kamera DSLR, pertanyaan ini paling sering ditanyakan oleh teman-teman yang akan membeli kamera DSLR, terutama bagi yang ingin menjadi seorang fotografer. Hobi fotografi ini sekarang udah sangat diminati oleh semua kalangan, baik dari pelajar, karyawan, ibu rumah tangga. Dikarenakan harga kamera DSLR ini sekarang sudah sangat terjangkau, apalagi sekarang pendapatan rata-rata udh diatas, jadi cukup mudah untuk mengkoleksi kamera DSLR, yang paling standard biasanya membeli body kamera DSLR dan lensa kitnya.

Sekarang bagi yang ingin belajar fotografi jadi bingung, apa yang harus diperhatikan ketika akan membeli atau memilih kamera DSLR yang tepat bagi dia, apakah harus beli Nikon? apakah harus beli Canon? apakah harus beli Fuji? apakah harus beli Sony? Bagi saya merek menentukan banyak hal, karena kita sudah menentukan misalnya merek Nikon, maka imbasnya akan ke lensa untuk nikon, aksesoris untuk nikon dll. Jadi pilihan pertama mu menentukan kamu akan pakai kamera DSLR apa.

Berikut tips yang akan saya bagikan cara memilih kamera DSLR yang tepat untuk kamu, disini ada 3B yang akan saya berikan.

  1. Budjet
    Budjet dan kebutuhan ini sangat menentukan kamu akan membeli kamera DSLR kelas new entry, atau kelas menengah keatas, karena semakin tinggi kelas kamera DSLR maka harganya akan sangat mahal. Ini kisaran harga kamera DSLR untuk kelas new entry berkisar diantara 4 juta – 8 juta, untuk kelas middle up diatas 10 juta, jadi saran saya kalau akan membeli jika memang budjetmu cukup belilah kamera DSLR yang kelas menengah karena akan terasa beda hasilnya di kelas new entry karena perbedaan sensor, maka hasil lebih bisa maximal. Tapi jika budjetmu minim tidak perlu kuatir karena kamera new entry pun yang sekarang udah terjangkau dan hasil jepretannya tidak mengecewakan.
  2. Bandingkan 3 merek
    Mengapa saya membandingkan 3 merek saja tidak semuanya merek kita bandingkan, karena untuk meminimalisir banyak pertimbangan, jadi cukup 3 merek saja, misal Nikon VS Canon VS Sony atau Canon VS Fuji VS Sony dll… bisa lewat internet untuk compare, bisa tanya di grup-grup fotografi, jadi ingat merek kamera menentukan aksesoris kameramu.
  3. Beli
    Beli kamera DSLR ini sekarang toko-toko online yang menjualnya, tapi saran saya kalau membeli kamera DSLR mending di toko kamera di kota mu masing-masing, karena dengan toko langsung maka kamu dapat melihat kelengkapannya, melihat asli / tidak kameranya, mengecek garansi resmi dari merek tersebut, dan jika ada masalah dengan kamera baru mu maka kamu bisa segera service ke toko yang kamu beli. Biasanya di dos bagian luar terdapat tulisan isi apa saja di dalam dos kamera itu bisa kamu cek satu persatu, jangan sampai ada yang kelewatan meskipun kondisi dos masih tersegel tapi tidak ada salahnya kita teliti sebelum membeli.

Ya itu 3B dari tips saya untuk memilih kamera DSLR, semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin belajar fotografi.

Salam gofotografer

About The Author