Untuk para fotografer khususnya yang mempunyai kamera DSLR dan kamera mirrorless bisa dibilang gear utamanya adalah lensa, sebagian besar bagi peminat fotografi minimal mempunyai 2 jenis lensa, seperti lensa wide dan lensa tele. Sebuah lensa dalam fotografi sangat berperan penting untuk mendapatkan sebuah hasil yang baik, karena lensa ibarat sebuah mata yang dapat membidik suatu obyek untuk diabadikan.

Sebuah lensa kamera diperlukan untuk menangkap suatu obyek dan cahaya dimana hal itu akan diteruskan ke body / sensor kamera sehingga dapat menghasilkan gambar yang baik. Jika performa lensa dalam kondisi tidak baik katakanlah lensa bagian depan tertutup debu yang lumayan banyak maka akan sangat mempengaruhi hasil foto.

Sering saya alami sendiri, masalah utama dengan lensa adalah “jamur” ya musuh terberat lensa adalah munculnya jamur yang bisa tumbuh di dalam lensa, baik itu dibagian kaca yang paling dalam ataupun yang diluar. Jika jamur lensa tumbuh di luar kaca lensa akan sangat mudah untuk dibersihkan. Tapi akan menjadi kendala jika jamur lensa tumbuh di kaca lensa bagian dalam, bagi kamu yang mempunyai perlengkapan lengkap bisa jadi kamu bongkar sendiri. Tapi saya sangat tidak sarankan jika kamu belum berpengalaman atau ada orang yang berpengalaman untuk mendampingimu.

Syukurnya sekarang banyak tempat untuk membersihkan lensa, tapi jadinya kamu perlu dana extra untuk membersihkan jamur dari lensamu, bagi kamu yang mempunyai lensa ataupun koleksi lensa, saya mempunyai tips singkat bagaimana caranya supaya lensa kameramu tetap kinclong alias bebas jamur.

  1. Setelah kamu beraktifitas dengan hobi fotografi segera bersihkan body kamera dan lensa kameramu, bisa menggunakan tools seperti kuas kamera.
  2. Gunakan filter lensa, pakailah filter yang UV ataupun ND atau sesuaikan dengan bidang fotografimu, karena dengan adanya filter lensa paling tidak merupakan pagar pertama dari kaca lensamu terkena debu
  3. Jika kamu ada pekerjaan foto dengan berhubungan di air, maka selepas acara segera lepaskan lensa dari body kamera, dibersihkan lensa dengan tools membersihkan lensa, dan letakkan di tempat yang kering. Supaya butiran air yang masih menempel bisa menguap.
  4. Jika ketiga hal tersebut diatas sudah kamu lakukan, perhatikan tempat penyimpanan kamera dan lensamu, ada baiknya kamu mempunyai dry cabinet dimana di cabinet ini akan diatur kelembaban dan suhu nya maka lensa mu akan terhindar dari tumbuhnya jamur. Jika belum ada budjet saya sarankan kamu membeli box dan membeli silica gel, tutup rapat boxmu sampai kamu akan memakai lensa mu kembali.

Begitulah yang dapat saya sarankan untuk merawat lensa kameramu, jadi lebih baik mencegah daripada sudah terjadi seperti lensamu udah berjamur. Untuk kamu yang mempunyai tips lain boleh komen dibawah ini. Salam gofotografer.