Garis Horison menjadi sangat penting dalam fotografi landscape, karena garis horisonlah yang terbentang ketika kita memandang alam dengan langit yang menaunginya. Sebelum membahas lebih lanjut tentang hal ini pembaca dapat membaca dua artikel saya sebelumnya yaitu : “Memotret landscape seperti seorang master” dan “Tips mengabadikan keajaiban Alam” karena dalam kedua artikel tersebut saya membagikan beberapa tips yang akan membuat karya foto landscape anda semakin mengagumkan.

Sekarang mari kita lanjutkan topik utama kita di artikel ini. Ketika kita datang disebuah lokasi yang menyajikan kekayaan pesona alam yang mengagumkan maka pertanyaan awal yang akan muncul di benak kita adalah “bagaimana saya akan mengabadikan keindahan ini?” saat ini saya akan mencoba memberikan salah satu alternatif jawaban yang patut anda coba, yaitu dengan memakai pendekatan garis horizon.

Saat anda sampai dilokasi pemotretan, yang tentunya dengan perlengkapan yang sudah anda siapkan. Nikmati dahulu bagaimana keindahan alam yang ada di depan anda karena foto alam yang mengagumkan lahir dari jiwa yang menikmati dan mengaguminya. Selanjutnya amatilah apa yang menjadi kekuatan dari pemandangan alam yang ada di depan anda, apakah diatas garis horoson (langit) ataukah dibawah garis horizon (Tanah atau lautan beserta batu karangnya).

Landscape8

Kalau terletak diatas garis horizon seperti pada foto ini, maka letakkan garis horizon pada sepertiga dibawah foto sehingga menonjolkan drama di langit.

Fotografer : Yermia Okta Satriawan
Fotografer : Yermia Okta Satriawan

Namun apabila permukaan buminya yang lebih menonjol maka letakkan garis horison di sepertiga bagian atas foto. Hindari meletakkan garis horizon ditengah-tengah foto anda karena hal tersebuat akan tampak seperti foto amatir yang mengambil foto asal-asalan.

Bagaimana dengan di pegunungan, saat dimana garis horizon tidak tampak? Untuk pemotretan di pegunungan pada umumnya memiliki prinsip yang sama namun kita tidak perlu mencari garis horizon yang lurus. Karena garis-garis diagonal pegununganlah yang membuat kesan dinamis dan harmonis pada foto anda.

Landscape10

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya bagikan kepada anda sekalian. Semoga dapat bermanfaat.