Hai pembaca sekalian, saat ini saya akan berbagi beberapa tips dalam mengabadikan keajaiban alam. Sebelum kita melanjutkan lebih jauh, silahkan anda membaca artikel saya yang terdahulu yaitu “Memotret landscape seperti seorang master” karena disana saya membahas beberapa hal yang anda butuhkan dan perlu perhatikan dalam mengabadikan alam.

“Keajaiban Alam” mungkin anda akan bertanya apa yang saya maksud dengan keajaiban alam dan mengapa saya menyebutnya keajaiban. Pembaca sekalian alam yang Tuhan ciptakan ini sungguh sangat mempesona, bahkan sangat mengagumkan. Alam begitu mengagumkan ketika kita dapat merasakan begitu besar kekuatan dan keindahan yang ada di dalamnya. Langsung saja kita akan membahas bagaimana memotret dalam setiap keajaiban.

Keajaiban Pertama (Matahari Terbit)

Sungguh saat-saat yang sangat mengagumkan saat dimana kita menantikan saat matahari terbit. Abadikan momen ini dalam rentang waktu 30 menit sebelum terbit dan 30 menit setelah terbit. Gunakanlah tripod untuk mengatasi terbatasnya cahaya dan memaksimalkan ketajaman.

Landscape3

Pertemukan antara alam dan manusia, akan menghasilkan harmoni yang menawan. Gunakan format file RAW untuk menjaga kualitas akhir lebih prima.

 Keajaiban kedua (Matahari Tenggelam)

Drama langit yang sangat memukau akan kita dapatkan dengan mengabadikan momen saat matahari tenggelam, yaitu diantara 30 menit sebelum matahari tenggelam dan 30 menit sesudahnya.

Fotografer : Yermia Okta Satriawan
Fotografer : Yermia Okta Satriawan

Amatilah setiap apa yang ada di sekitar anda, amati setiap garis, bentuk,tekstur dan warna. Selanjutnya komposisikan dalam foto anda. Letakkan latar depan yang dominan dalam karya anda dan lihatlah bagaimana latar depan tersebut berbicara lebih nyaring dari suara anda.

Fotografer : Yermia Okta Satriawan
Fotografer : Yermia Okta Satriawan

Keajaiban ketiga (Suasana Alam Berkabut)

keamanan kamera adalah hal terpenting yang harus anda perhatikan dalam pemotretan ini, karena bagaimanapun juga embun atau kabut merupakan bentuk lain dari air yang merupakan musuh besar teknologi digital di tangan anda. Anda dapat membeli pelindung kamera dari hujan atau dalam kondisi mendesak anda dapat menggunakan pelindung kepala saat mandi (Shower Cup) atau tas plastik.

Landscape6

Keajaiban keempat (Suasana Mendung)

Langit selalu menampilkan drama yang memukau, terutama saat badai akan datang. Dalam suasana ini pekalah selalu dalam melihat pergerakan awan. Ingatlah dalam mengabadikan alam kita tidak pernah datang pada tempat yang benar-benar sama, karena langit, pepohonan, angin dan air pastilah berbeda dari saat kita datang sebelumnya.

Landscape7

Pekalah akan setiap berkas cahaya matahari yang menerobos awan dan carilah komposisi yang tepat sebelum awannya berubah.

Sesungguhnya alam selalu menampilkan keajaibannya. Temukan keajaiban alam disekitarmu dan cobalah untuk mengabadikannya.