Sebelum anda sekalian membaca artikel saya ini, silahkan membaca dua artikel saya yang berjudul “Fotografi Makro” dan “Foto makro untuk memperoleh mata fotografer”.

Pada kedua artikel tersebut saya membehas dasar-dasar foto makro yang pasti anda cari. Nah, Kalau anda sudah membacanya marilah kita lanjutkan pembicaraan kita. Foto makro merupakan cabang fotografi yang sangat unik dan menarik, bagaimana tidak, kita dapat melihat detail wajah-wajah serangga yang selama ini tidak pernah kita lihat dengan sangat jelas. Karena keunikan dan keajaibannya inilah foto makro seringkali mendapatkan decak kagum dari orang-orang yang melihatnya, tetapi tahukan anda bahwa setiap foto yang disajikan oleh seorang fotografer makro merupakan hasil dari ketekunan dan kegigihannya? Saat ini saya akan berbagi sedikit tips untuk mendapatkan foto-foto makro yang unik dan menarik, dimana semuanya berkaitan erat dengan ketekunan dan kegigihan.

  1. Sediakan waktu setiap pagi hari untuk mengamati dan mengabadikan aktifitas serangga dan hewan-hewan kecil lainnya. Mengapa pagi, karena kebanyakan serangga masih enggan bergerak cepat pada pagi hari dan inilah kesempatan kita untuk lebih mudah menemukannya ketimbang siang hari.
    Terbang Mencari Mangsa
    Terbang Mencari Mangsa


    Anda tidak akan pernah mendapatkan foto capung terbang ini kecuali anda rutin mengamati pergerakan capung pada pagi hari.

  2. Saat hunting dipagi hari jelilah mengamati setiap dedaunan dan pekalah akan setiap gerakan yang ada disekitarmu.
    Menyusuri Daun
    Menyusuri Daun


  3. Pahami setiap rutinitas hewan-hewan kecil yang ada di sekitarmu dan teruslah mencoba untuk mendapatkan foto yang sempurna.
    Minum dipagi Hari
    Minum dipagi Hari


  4. Amati disekitarmu, biasanya serangga akan melakukan satu aktifitas rutin secara berulang di pagi hari, pikirkanlah bagaimana anda akan mengabadikannya dan coba terus untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
    Mengambil Sari
    Mengambil Sari


Demikianlah beberapa tips yang saya bisa sampaikan, semoga bermanfaat bagai anda sekalian. Akhir kata saya sampaikan “Tetaplah Tekun dan Gigih”