Fotografi makro merupakan salah satu cabang dalam fotografi. Foto pada cabang ini merupakan foto-foto sesuatu yang kecil, dimana foto-foto tersebut mengutamakan detail yang tinggi dan posisi yang sangat dekat.

Mengambil obyek yang kecil tanpa menggunakan alat bantu optik seperti mikroskop merupakan karakteristik dari cabang ini. Hewan-hewan kecil, benda-benda kecil, tetesan air dan tekstur merupakan obyek yang umum pada cabang fotografi ini.

Saya menyarankan anda jangan terburu-buru untuk berpindah artikel sebelum anda membaca artikel ini sampai selesai, karena keajaiban dari artikel ini akan segera dimulai. Dalam tulisan saya sebelumnya saya telah menyampaikan bahwa sangat salah apabila anda berpendapat, bahwa untuk menghasilkan foto makro perlu biaya membeli lensa mahal hingga jutaan bahkan belasan juta. Karena untuk membuat foto makro anda juga dapat menggunakan beberapa alat bantu seperti :

  1. Dengan kaca pembesar
  2. Dengan lensa tele (100 mm – 300 mm)
  3. Dengan Extension tube
  4. Reverse ring
  5. Filter close up
  6. Kamera HP
  7. Kamera Poket
  8. Dll

Baiklah itu keajaiban pertama, bahwa anda tidak perlu mengeluarkan uang jutaan untuk mengganti lensa demi memperoleh foto makro. Langsung saja menuju keajaiban selanjutnya bawa ketajaman mata seorang fotografer dapat dilatih dengan memotret  makro karena dengan memotret makro mata kalian akan dilatih terus untuk melihat detail yang kecil dan menemukan hal-hal yang tersembunyi.

Hinggap di Dahan
Hinggap di Dahan

Sekarang saya akan membagikan bagaimana melatih diri sehingga mendapatkan sebagian keahlian dari mata seorang fotografer.

  1. Berkomitmenlah untuk secara rutin menyediakan waktu setiap pagi hari untuk mengamati dan mengabadikan aktifitas serangga dan hewan-hewan kecil lainnya. Mengapa pagi, karena kebanyakan serangga masih enggan bergerak cepat pada pagi hari dan inilah kesempatan kita untuk lebih mudah menemukannya ketimbang siang hari.
  2. Tanamlah bunga di pekarangan rumah anda atau apabila anda tidak memiliki pekarangan tanamlah beberapa bunga di pot dan letakkan di luar rumah agar terkena matahari untuk mengundang serangga datang.
  3.  Siapkan perangkat kamera anda, kamera poket, lensa tele atau kaca pembesar. Gunakan apa yang anda miliki.
  4. Lakukan pencarian serangga setiap hari secara rutin dan anda akan mendapatkan bahwa ketajaman mata anda akan semakin terlatih dan anda akan menemukan keajaiban dunia serangga.
Di Balik Daun
Di Balik Daun

 

Persiapan Masa Kepompong
Persiapan Masa Kepompong

 

Terbang Bebas
Terbang Bebas

 

Demikianlah hal yang dapat saya sampaikan.