Pembaca sekalian, saat ini saya akan membahas mengenai shutter speed atau kecepatan rana. Sebelum membaca lebih lanjut saya harap pembaca sekalian dapat membaca tulisan saya sebelumnya mengenai “segitiga emas fotografi”, karena disana saya membahas tentang tiga bagian penting dalam kamera anda yang tentunya sangat berhubungan dengan pembahasan kita saat ini. Baiklah mari kita langsung saja menuju topik kita saat ini.

Shutter Speed  adalah kecepatan rana, atau durasi kamera membuka sensor untuk menyerap cahaya. Shutter Speed  dalam kamera ditandai dengan angka ½, 1/10, 1/100 dll. Semakin lama membuka maka semakin banyak cahaya yang masuk namun apabila semakin singkat waktu rana membuka maka cahaya yang masuk semakin sedikit pula. Selain itu besar atau kecilnya bukaan rana dapat mempengaruhi tajam atau tidaknya foto karena semakin lama rana membuka maka semakin banyak image dalam jangka waktu tertentu yang tertangkap sehingga akan menimbulkan kesan gerak pada obyek. Kecepatan rana yang cepat akan membekukan obyek sedang kecepatan rana rendah akan menimbulkan kesan gerak pada obyek yang bergerak.

shutter

Mari kita pelajari tentang shutter speed dengan melihat beberapa fungsinya :

a.       Untuk menggelapkan dan menerangkan

Untuk menggelapkan maka percepat waktu menutupnya rana dengan meningkatkan waktu percepatannya dengan angka semakin ke kiri pada gambar diatas, sedangkan sebaliknya untuk membuatnya bertambah terang geser percepatan rana lebih lambat atau kekanan pada gambar diatas.

shutter2b.       Untuk membekukan obyek dan membuat kesan gerak
Sama halnya dengan untuk menggelapkan dan menerangkan, Untuk membekukan maka percepat waktu menutupnya rana dengan meningkatkan waktu percepatannya dengan angka semakin ke kiri pada gambar dibawah, sedangkan sebaliknya untuk membuatnya memiliki kesan gerak geser percepatan rana lebih lambat atau kekanan pada gambar dibawah.

beku2Dua hal diatas merupakan dua hal dasar dan utama dalam shutter speed atau kecepatan rana, dalam aplikasinya terdapat banyak teknik dalam fotografi yang menggunakan fungsi kecepatan rana ini dalam membuat karya foto yang indah seperti; panning, slow speed, memotret bintang dll. Demikian hal awal yang dapat kita bahas mengenai shutter speed.