Jurnalistik merupakan suatu aktifitas dimana hasil aktifitas tersebut adalah berita sedangkan foto adalah gambar diam yang dihasilkan oleh kamera yang merupakan alat melukis dengan cahaya.
Hasil pencarian berita yang berupa sebuah karya fotografi. Foto jurnalistik memiliki fungsi sebagai bukti kejadian, ilustrasi, melengkapi teks dan menambah daya tarik berita. Beberapa ciri atau karakteristik dari foto jurnalistik antara lain, berhubungan dengan berita atau mengandung berita, menarik, penting, benar-benar terjadi atau tanpa unsur rekayasa, aktual dan pada umumnya merupakan gambar atau peristiwa terbaru.

Menurut badan foto jurnalistik dunia (World Press Photo Foundation) foto jurnalistik dapat dibagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut :

1. Spot Photo

Spot Photo merupakan foto yang diambil pada lokasi tempat terjadinya kejadian, dengan karakter, spontan, sepintas, saaat itu juga dan kekinian. Misalnya seperti demonstrasi, kebakaran, bencana dan lain-lain. Dalam jenis fotografi ini fotografer dituntut untuk dapat cepat mengambil gambar.

2. General news Photo

Merupakan foto kegiatan yang terencana, terjadwal atau rutin. Contohnya adalah foto pertandingan Bola, kegiatan politik, humor, hiburan dan lain-lain.

3. Potrait

Menggambarkan secara kreatif karakter, watak keunggulan dan suasana hati seseorang yang pada umumnya diambil secara close Up atau dengan bageround keadaan atau suasana tertentu.

4. Daily life photo

Foto kehidupan sehari-hari manusia (human interest) foto ini ada banyak disekitar kita, hanya saja kita perlu jeli dalam melihat dan mengamatinya. Contoh jenis foto ini adalah foto pedagang sayur, buah, hewan dan lain-lain.

5. People in the News Photo

Foto tentang seseorang yang menjadi obyek pemberitaan, yang menampilkan figur dalam pemberitaan contohnya adalah foto Presiden Susilo Bambang Yudoyono, foto artis dan tokoh-tokoh lainnya.

6. Art and Culture

Foto yang yang menggambarkan sebuah kegiatan seni dan budaya atau benda seni dan budaya.

7. Olah raga

Foto kegiatan olah raga dengan aksi-aksi dalam lomba ataupun pertunjukan olah raga.

8. Social and Environment

Foto kegiatan sosial masyarakat serta menggambarkan lingkungannya sebagai contoh foto penduduk pinggiran sungai atau penduduk pemukiman kumuh.

9. Science and Technology Photo

Merupakan foto yang bertemakan science dan teknologi, foto ini mengedepankan pada perkembangan ilmu dan teknologi. Contohnya foto inovasi perlengkapan kedokteran, ilmu pengetahuan, pencarian Fosil dan lain-lain.

Sekian yang bisa saya bagikan, selanjutnya akan ada bagian kedua..