Masih Ragu Belajar Fotografi? 5 Tips Singkat Menjadi Fotografer Andalan

Fotografer andalan atau bahasa kerennya fotografer profesional akan sangat mudah kamu capai jika kamu memang sedang ingin sangat serius untuk menggeluti bidang fotografi, memang untuk menjadi seorang fotografer profesional kamu membutuhkan modal yang akan sangat cukup besar, tapi ketika kamu sudah bisa menghasilkan pendapatan dari hasil karya memfoto maka sebenarnya bukan “income” yang sebagai tujuan utamamu tapi benar-benar itu sebagai kepuasan hati kamu dapat mengekspresikan angan mu menjadi sebuah jepretan yang dapat terealisasi di sebuah gambar foto.

Untuk menjadi fotografer andalan pun akan dimulai dengan cara sederhana karena langkah seribu harus dimulai dengan langkah pertama dulu. Jadi dengan cara yang sederhana atau bahasa kerennya simple tapi itu lah langkah-langkah awalmu menjadi seorang fotografer andalan.

Jika kamu sudah punya modal awal yaitu sebuah kamera DSLR atau kamera mirrorless maksimalkan kemampuan alat itu, karena hasil yang bagus bukan karena sebuah kameranya tapi dari siapa yang memegang dan membidiknya. Semakin kamu sering menggunakan kameramu semakin mahir kamu melihat sebuah situasi.

Baiklah ini saya coba berikan 5 tips singkat jika kamu ingin menjadi fotografer andalan

Modal awal “mempunyai kamera”

Ingat kamera apapun, jadi jangan berkecil hati jika kamu hanya mempunyai kamera pocket / kamera saku karena inipun juga sebuah kamera, syukur-syukur jika kamu sudah punya kamera DSLR ataupun kamera Mirrorless jadi apapun kameramu jangan minder dengan mempunyai sebuah kamera itu adalah modal awalmu.

Belajar teori dasar fotografi

Iya, teknik itu mudah dipelajari jika kamu mengerti teori dasar dari fotografi baik itu rules of thirds, golden hour, komposisi, exposure, diafragma, bokeh. Ya dengan cara membaca-baca artikel fotografi kamu akan banyak mendapatkan teori seperti itu, tinggal niatan kamu sendiri untuk mempraktekan nya.

Pergi keluar temui banyak obyek foto

Jika kamu sudah mempunyai senjata yaitu apapun kameramu, gunakan semaksimal mungkin, foto lah obyek yang kamu anggap menarik, baik dari cara jalan orang, baik gedung-gedung, kendaraan yang melewatimu sebuah taman di sekitarmu, dengan banyak berlatih foto obyek maka keahlian dan kepekaan mu akan bertambah terus.

Bergabung dengan komunitas online fotografi

Semakin banyak teman fotografi mu akan semakin banyak yang akan mengkoreksi hasil fotomu, dan biasanya mereka akan dengan senang hati memberi koreksian foto itu kurang dimana, dan yang terpenting jangan tersinggung jika banyak yang mengkoreksi hasil fotomu, anggaplah itu sebagai pembelajaran awalmu. Terlebih lagi jika sudah dapat koreksi seperti itu buat lah foto yang semenarik mungkin.

Nikmati sebuah proses

Yup, yang terakhir nikmati sebuah proses jika kamu terus menerus melakukan keempat hal diatas niscaya dan yakin kamu akan menjadi seorang fotografer andalan atau fotografer profesional, seperti kalimat saya yang diatas, siapa tahu kamu sudah mencapai langkah yang ke seribu.

Oke itulah beberapa tips singkat yang dapat saya berikan, sebenarnya banyak sekali tips-tips lain yang lebih lagi, dengan banyak mencoba akan menambah jam terbangmu di dunia fotografi.

“enjoy the process”

Maju terus fotografer Indonesia

#Gofotografer

Credit :
fotografer by Samuel
Jenis Kamera Sony A5100

 

 

About The Author