Fotografi Landscape merupakan salah satu cabang dalam dunia fotografi. obyek utama yang diambilnya adalah keajaiban,kemegahan dan keindahan alam.

Saat ini saya akan bagikan beberapa pengetahuan awal berdasarkan pengalaman  saya dalam memotret landscape, semoga dapat memperkaya pemahaman kita dalam dunia fotografi landscape.

Memotret landscape sangat berbeda dengan cabang fotografi lainnya. Ada banyak hal yang harus diketahui dan dipahami secara khusus.

Landscape1

Langsung saja saya sampaikan beberapa hal khusus yang perlu dipahami dan diperhatikan untuk membuat foto landscape yang bagus.

  1. Lakukan survey awal untuk lokasi yang anda akan kunjungi. Anda dapat melakukan survey dengan browsing di internet untuk foto-foto yang pernah di ambil di lokasi yang akan anda kunjungi.
  2. Jika anda telah melakukan survey awal, saran saya lakukan lebih dari yang anda lihat karena survey awal bukan bertujuan untuk memperoleh foto yang sama melainkan foto yang lebih baik.
  3. Persiapkan perjalanan anda. Persiapkan semua keperluan, Baik itu perlengkapan kamera yang disesuaikan dengan lokasi yang akan anda kunjungi, siapkan bekal dan perlengkapan pelindung. Mempersiapkan pelindung sangatlah penting karena kabut, embun uap dll mereka semua adalah bentuk lain dari air yang merupakan musuh besar kamera dan perlengkapan anda.
  4. Abadikan landscape saat pagi hari atau saat sore hari.
  5. Nikmati alamnya, jangat terburu-buru memasang tripod . lihat amati dan nikmati dahulu alamnya, hingga anda tahu pasti foto seperti apakah yang akan saya abadikan. Amati-Nikmati-Pikirkan dan Abadikan.
  6. Ingat kembali saat anda melakukan survey awal selanjutnya bayangkan bagaimana setiap fotografer tersebut mendapatkan foto mereka dan akhirnya lakukan lebih baik dari yang mereka lakukan.

    Fotografer : Yermia Okta Satriawan
    Fotografer : Yermia Okta Satriawan
  7. Setialah membawa tripodmu, karena saat anda dilokasi barulah anda tahu mengapa saya mewajibkan anda membawa tripod dengan setia.
  8. Walau pengambilan dengan file JPG akan mempersingkat waktu editing anda namun saran saya abadikan foto dalam format RAW+JPG, namun kalau memori anda tidak cukup gunakan RAW saja.
  9. Sediakan selalu memori card cadangan, saya tidak ingin anda merasakan seperti yang pernah saya rasakan yaitu dengan kesedihan mendalam menghapus beberapa file karena memori penuh. Kesedihan anda akan semakin panjang, tatkala anda membayangkan betapa jauhnya lokasi dan panjangnya persiapan anda.
  10. Pakai ruang tajam yang maksimal atau gunakan bukaan diafragma kecil seperti f16-f22


Untuk dapat membuat foto landscape yang baik, belum cukup kalau hanya membaca artikel ini saja. Selanjutnya saya akan membahas secara detail beberapa bagian mengenai fotografi landscape.