Mengenal cara kerja Kamera Mirrorless : Basic

Kamera mirrorless atau dalam bahasa indonesia Kamera tanpa cermin, dengan lensa yang bisa diganti adalah kamera Digital yang mulai dimunculkan sekitar tahun 2008. Kalau bahasa sederhana nya adalah kamera yang sangat mirip dengan DSLR dengan lensa yang bisa diganti-ganti tetapi beda ukuran, dikarenakan Kamera mirrorless tidak memakai cermin.

Tapi apakah posisi DSLR akan tergantikan dengan Mirrorless?

Sejak mirrorless muncul di dunia fotografi banyak orang lebih tertarik membelinya dikarenakan ukuran sangat mudah digenggam dan tidak berat kalau akan traveling apalagi kualitas hasil fotonya juga tidak kalah bagus dengan DSLR, lensa dengan mudah diganti harga terjangkau tidak semahal kamera DSLR (lihat tipenya)

mirrorless

Untuk cara kerja kamera Mirrorless ini hampir sama dengan kamera DSLR bedanya kamera mirrorless membuang cermin yang ada di DSLR. Konsekuensinya mirrorless tidak memiliki jendela bidik optik (optical viewfinder) Proses pengambilan gambar dilakukan lewat layar LCD atau jendela bidik elektrik (electronic viewfinder)

cara kerja elektronic viewfinder(EVF) sebenarnya sama dengan layar LCD, yaitu menyalurkan gambar lewat sensor yang terus menerus aktif. Hanya saja beda penempatan. Penggunaan EVF ini memeliki keunggulan yang lebih dibanding yang optical karena perubahan hasil exposure, apperture ISO, White balance bisa terlihat langsung oleh sistem. EVF pada mirrorless akan tampak gelap jika kita tidak menyalakan kameranya ini perbedaan antara DSLR dan mirrorless karena EVF menggunakan sistem dan sensor yang aktif tanpa melalui cermin.

Mirrorless mengandalkan teknik contrast detect lewat obyek yang masuk kedalam sensor, maka dari itu untuk autofokusnya lebih akurat tetapi masih lemah di kecepatan untuk autofokus karena harus melewati pengukuran sensor dari mirrorless itu sendiri Metode phase detect mampu mendeteksi jarak obyek foto berdasarkan cahaya yang masuk dari lensa lalu mengarahkan motor fokus lensa ke jarak yang tepat.

Itulah singkatnya cara kerja kamera mirrorless, jadi untuk kamu yang ingin membeli kamera jenis ini ada baiknya mengetahui sistem kamera ringkas ini.

About The Author