Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus membutuhkan pengetahuan yang cukup baik, antara lain pengetahuan akan kamera ataupun pengetahuan akan teknik-teknik pemakaian kamera.

Segitiga kunci fotografi ini atau lebih dikenal dengan segitiga emas fotografi merupakan pengetahuan dasar dan pengetahuan yang sangat penting bagi seorang fotografer.

Ketiga kunci tersebut adalah ISO (ukuran sensitifitas sensor terhadap cahaya), Bukaan atau Aperture (bukaan lensa kamera tempat cahaya masuk) dan Shutter Speed (kecepatan rana, atau durasi kamera membuka sensor untuk menyerap cahaya). Saya telah mencoba menggambarkan bagaimana ketiga bagian dalam segitiga kunci fotografi ini saling berkait dan saling mempengaruhi.

segitiga1

 ISO

ISO adalah ukuran sensitifitas sensor terhadap cahaya, semakin kecil ISO maka sensitifitasnya terhadap cahaya semakin kecil namun dengan ISO yang kecil anda akan mendapatkan foto yang halus dan bersih. Semakin besar ISO maka sensitifitas terhadap cahaya semakin tinggi, umumnya ISO yang dipakai adalah 200. Hati –hati terhadap penggunaan ISO yang terlalu tinggi karena dapat mengakibatkan foto menjadi kotor atau noise

SHUTTER SPEED

Shutter Speed  adalah kecepatan rana, atau durasi kamera membuka sensor untuk menyerap cahaya. Shutter Speed  dalam kamera ditandai dengan angka ½, 1/10, 1/100 dll. Semakin lama membuka maka semakin banyak cahaya yang masuk namun apabila semakin singkat waktu rana membuka maka cahaya yang masuk semakin sedikit pula. Selain itu besar atau kecilnya bukaan rana dapat mempengaruhi tajam atau tidaknya foto karena semakin lama rana membuka maka semakin banyak image dalam jangka waktu tertentu yang tertangkap sehingga akan menimbulkan kesan gerak pada obyek. Kecepatan rana yang cepat akan membekukan obyek sedang kecepatan rana rendah akan menimbulkan kesan gerak pada obyek yang bergerak.

APERTURE

Bukaan atau Aperture  adalah bukaan lensa kamera tempat cahaya masuk. Aperture dalam kamera ditandai dengan F1,4 ; F2; F4; F11; F22 dll. Bukaan ini digunakan untuk mengendalikan cahaya yang masuk dan mengendalikan ruang tajam pada foto anda. Angka yang semakin besar berarti bukaan semakin kecil dan ruang tajam semakin lebar sedang angka yang kecil berarti bukaan yang besar dengan ruang tajam yang semakin sempit.

Demikian yang dapat saya bagikan kepada rekan-rekan sekalian, selanjutnya saya akan membahas lebih detai setiap bagian dengan disertai dengan beberapa gambaran foto untuk memperjelas.