Di dunia fotografi baik pemula atau sudah profesional, istilah Shutter Count sudah tidak asing di telinga, terkadang kita menyebutnya SC. Biasanya SC ini menjadi bahan pertimbangan ketika dalam jual beli kamera bekas,  karena semakin banyak jumlah SC kamera, maka itu mempengaruhi purna jual kamera itu sendiri.

Shutter Count sendiri adalah jumlah banyaknya tombol shutter yang ditekan waktu melakukan pengambilan gambar.

Jika SC di atas 50.000, maka kamera dapat dikatakan sudah sepuh atau tua karena seringnya dipakai oleh pemilik sebelumnya dan biasanya pembeli kamera bekas akan mencari SC yang angkanya rendah, dan di bawah 50.000. Tapi ingat ya 50.000 ini bukan patokan juga untuk membeli kamera bekas banyak hal yang lain yang untuk dipertimbangkan membeli kamera bekas.

Cara mengetahui shutter count tergantung dari merk yang kamu gunakan, kebanyakan pengguna DSLR menggunakan merk Canon dan Nikon. Tidak hanya DSLR saja, pengguna kamera mirrorless pun yang sekarang sedang banyak digemari di dunia fotografi, jadi bagi kamu-kamu yang baru terjun di dunia fotografi juga perlu mengetahui SC kamera tersebut.

Cara mengetahui Shutter Count dengan cepat

Canon

Anda bisa masuk di website EXIF viewer online, dengan tampilan seperti ini

  • Klik choose file
  • Pilih foto di komputer Anda, lalu klik OK
  • Pilih view image from file
  • Nanti akan muncul sederetan data EXIF
  • Cari kata shutter count
  • Di situ akan tercatat jumlah shutter count, berarti Anda sudah menekan tombol shutter count sebanyak angka tersebut untuk mengambil gambar

Nikon

untuk kamera Nikon, Anda bisa masuk di website www.shuttercounter.com, lalu upload hasil foto terakhir Anda , nanti akan muncul jumlah shutter count yang sudah digunakan.

Kamera Mirrorless Sony

Tidak hanya kamera DSLR yang memiliki shutter count, kamera mirrorless pun juga masuk hitungan. Sony Alpha yang lebih dikenal namanya untuk seri mirrorless Sony, memiliki akun sendiri untuk mengecek jumlah shutter count, Anda bisa masuk ke tools.science.si/index.php. Berikut tampilannya

klik choose file  lalu setelah itu pilih do it, maka nanti akan tertera jumlah shutter count sony Anda.

Masih banyak lagi cara-cara untuk mengetahui shutter count di kamera, cara-cara diatas adalah salah satu cara untuk melihat SC dengan cepat, tapi ketika kamu akan menggunakan kamera mu jangan terlalu memikirkan jumlah SC ya, karena semakin kamu banyak menggunakan kameramu alias Practice Make Perfect, maka investasi waktu yang kamu gunakan akan jauh lebih berharga.

Jika kamu punya cara yang lebih cepat boleh nih share di kolom komentar, supaya pembaca yang lain dapat informasi yang lain.

Selamat mencoba