Istilah-istilah di dalam dunia fotografi ini sangat banyak. Di artikel yang sekarang ini saya mencoba menjelaskan tentang exposure dalam dunia fotografi. Exposure adalah istilah yang mengacu kepada banyaknya cahaya yang mengenai sensor gambar dalam proses pengambilan foto. Di dalam kamera DSLR pun sudah ada namanya Lightmeter yang ini akan mengukur intensitas cahaya yang masuk ke dalam kamera. Sehingga di dapat exposure yang normal.

Pengertian Exposure dalam fotografi

Exposure akan sangat mudah dipengaruhi oleh, shutter speed, aperture, ISO, jenis / obyek foto, kondisi ruangan. Ada 3 macam exposure di dalam fotografi.

  1. Under Exposure
    Under exposure adalah kurangnya cahaya yang masuk ke dalam sensor, sehingga gambar yang dihasilkan akan gelap.
  2. Normal Exposure
    Normal exposure adalah kondisi cahaya yang masuk ke dalam sensor cenderung pas dan sesuai dengan kondisi obyek pada waktu di foto.
  3. Over Exposure
    Over exposure adalah ini kebalikan dari under exposure jadi cahaya yang masuk kedalam sensor sangat berlebih sehingga menghasilkan hasil yang sangat terang sekali.

Ketiga macam exposure tersebut juga sangat kental sekali dipengaruhi oleh ketiga hal ini yaitu, Aperture, Shutter Speed, dan ISO. Jika dalam fotografi kita handal di ketiga aspek ini maka niscaya hasil fotomu akan layak menjadi profesional.

Penggunaan exposure di dalam dunia fotografi tergantung dari makna foto tersebut, under exposure dan over exposure belum tentu hasilnya jelek kalau memang foto tersebut digunakan sesuai dengan fungsinya.

Teknik dalam fotografi mudah dipelajari dan semua orang pasti bisa mempelajari tetapi hanya sedikit yang sukses di dunia fotografi perbedaannya adalah kebanyakan orang sukses akan tidak lelah untuk berlatih dan berlatih.

Jika kamu ada pengalaman dengan under dan over exposure boleh kita diskusikan di komen di bawah ini.