Bagi pecinta fotografi landscape, portrait akan sangat perlu memperhatikan golden hour atau kebanyakan orang ada yang mengatakan magic hour. Golden hour adalah momen pencahayaan terbaik dalam hari itu. Jadi kira-kira apa seberapa pentingnya golden hour itu, mari kita pelajari apa itu golden hour?

Faktor penting dalam dunia fotografi adalah adanya cahaya, jika kamu sebagai seorang fotografer memfoto obyek yang sama baik itu pemandangan gunung, sungai atau yang lainnya akan sangat beda hasilnya karena ada perbedaan cahaya pada hari itu.

Golden hour terjadi pada waktu antara sebelum dan sesudah matahari terbit (sunrise) dan sunset (matahari terbenam). Estimasi jam nya 5-7 pagi dan antara jam 5-7 sore/ menjelang malam. Mengapa di katakan golden hour, cahaya matahari menerpa subyek foto dari sudut miring sehingga memberi dimensi dan tekstur yang kaya dan memiliki warna keemasan yang hangat (warm).

Bandingkan 2 gambar dibawah ini yang satu diambil pada siang hari, dan yang satu nya lagi diambil pada saat golden hour.

bromo-siang-hari-1Bromo-Tengger-Semeru National Park

Jadi pentingnya kita memfoto dalam rentang waktu golden hour. Tapi semuanya itu bisa terjadi kalau kamu berlatih berlatih berlatih sehingga kemampuan mu dalam kepekaan cahaya akan semakin terasah, jadi teruskan mencoba. Selamat berlatih..

#gofotografer