Pencahayaan dalam dunia fotografi adalah unsur utama, jadi tanpa ada cahaya maka fotografi itu tidak akan pernah ada. Karena dengan adanya cahaya itu hasil foto akan lebih terlihat lebih berkarakter. Maka dari itu cahaya adalah salah satu pertimbangan paling penting bagi seorang fotografer.

DSC_0070 (Medium)

Begitu juga dengan arah cahaya,  seorang fotografer harus peka dalam menentukan arah cahaya dengan demikian hasil jepretan nya akan lebih terlihat kesan yang dramatis dan berkarakter. Untuk dasar pencahayaan dalam dunia fotografi baik yang alami (berasal dari sinar matahari) maupun dari sumber buatan (flash, lampu, dll).

Yang pertama, Front light

Pengertian front light adalah posisi cahaya berada tepat di depan obyek, sehingga bagian depan dari obyek akan mendapatkan cahaya yang merata, seperti kita menggunakan lampu flash maka posisi kita tepat berada di depan obyek dan kita menembakkan langsung kearah obyek

Yang kedua, Back light

Back light bisa terjadi pada saat kita memotret sumber cahaya berada di belakang obyek kita, jadi kondisi nya adalah posisi kamera menghadap langsung obyek dan posisi cahaya terdapat di belakang obyek kita, back light sering kali dipakai orang untuk membuat foto siluet, karena akan membuat obyek terlihat lebih gelap.

Yang Ketiga, Side Light

Cahaya ini mengenai posisi kiri atau kanan dari obyek kita, cahaya dari samping ini dapat memberikan kesan dimensional yang kuat sehingga sering kali dipakai untuk memfoto bangunan arisktetur, ataupun para fotografer landscape sering kali memainkan side light dari matahari, jadi kesan dramatis dari sebuah gambar lebih menonjol

Yang Terakhir, Top dan Down Light

Untuk teknik ini jarang sekali digunakan para fotografer tapi tidak menutup kemungkinan dapat digunakan dalam kondisi yang diinginkan. Cahaya ini tepat diatas obyek ataupun dibawah obyek, biasanya sering digunakan untuk fotografi yang cenderung ekstrim agar terlihat lebih menyeramkan, karena hasil jepretan yang dihasilkan akan terlihat banyak area gelap nya dan menyisakan sedikit area terang nya.

Untuk menjadi seorang fotografer profesional paling tidak kita harus menguasai beberapa teknik, salah satunya teknik pencahayaan ini, sehingga fasil jepretan kita akan terlihat lebih elegan dan dapat dinikmati oleh semua orang.

Maju terus fotografer Indonesia

#gofotografer