dry-cabinet

Dry Cabinet atau Dry Box adalah suatu wadah atau tempat dimana dapat dipakai untuk media penyimpanan perangkat seorang fotografer seperti body camera, lens, battery, filter, vertical grip, flash. Perangkat ini atau wadah ini bisa digunakan terus-menerus untuk menjaga kelembaban dalam tempatnya.
Perangkat ini terdiri dari Electronic dry unit, Digital Higrometer, dan box/kabinet itu sendiri.
Electronic Dry Unit, berfungsi untuk mengatur kelembaban ruangan yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan pemakaian
Digital Higrometer, berfungsi untuk mengetahui suhu kelembaban ruangan kabinet / Box

Kelembaban adalah presentasi jumlah air dalam udara, kelembaban biasanya terkait dengan suhu, semakin rendah suhu umumnya akan menaikkan nilai kelembaban.
Untuk penyimpanan perangkat kamera biasanya kondisi kabinet / box harus dijaga antara 55%-45%. Mengapa hal ini harus dijaga karena lensa, badan kamera sangat sensitif dengan suhu, semakin lembab suhu udara maka akan mudahnya tumbuh jamur di dalam kamera atau lensa, jika jamur muncul maka kamera apalagi lensa tidak akan kerja maksimal.

Saran dari penulis, jika menyimpan kamera dan lensa jangan disimpan dalam tas kamera, karena biasanya bahan yang dipakai untuk tas terdiri dari kain atau gabus itu banyak sekali menyimpan air-air rentan tumbuhnya jamur dalam lensa dan kamera. Jadi tidak ada salahnya kita mulai menganggarkan biaya untuk membeli perangkat ini. Untuk mendapat hasil maksimal.