Sudah becek, basah saja sekalian??

Untuk profesi fotografer biasanya sebagian besar berangkat dari hobi foto, jadi ketika seorang mengambil profesi itu secara serius¬†maka “passion” orang itu adalah dalam dunia fotografi. Karena layaknya seorang pemanah, kamera sebagai busurnya dan shutter sebagai anak panah nya, dan profesi fotografer sebagai pemanahnya, yang akan melesatkan hasil jepretan nya kearah mana. Semakin sering pemanah itu berlatih maka semakin tepat sasaran yang di bidiknya. Jadi semakin sering seorang fotografer berlatih maka semakin meningkat ilmu dan pengalamannya dalam fotografi.

Jika kamu sudah punya modal kamera DSLR dan lensa prime ataupun kamera mirrorless, gunakan terus kamera mu untuk berlatih, karena kesempatan seperti itu tidak semua orang beruntung seperti kamu, banyak cara untuk berlatih menjadi seorang fotografer, dan siapa tahu kemampuan fotografimu bisa meningkat menjadi fotografer profesional dan “hobi” mu itu bisa menghasilkan uang.

Cara-cara sederhana untuk mengasah kemampuan bidang fotografimu

  1. Carilah komunitas-komunitas fotografi baik di media sosial maupun di tempat tinggalmu

    Mudahnya mencari komunitas di media sosial juga akan sangat membantu kamu, karena biasanya di komunitas fotografi akan saling berbagi informasi yang itu akan membuat teori fotografimu meningkat, apalagi jika di kota tempat tinggalmu ada komunitas fotografi, biasanya meraka akan punya jadwal hunting bersama, jalan-jalan bersama. Disitulah kamu bisa mengasah kemampuan mu.

  2. Jepret apa yang kamu lihat

    Ya, sebisa mungkin banyaklah menjepret kenapa? karena semakin sering kamu mempunyai koleksi banyak foto maka kamu akan menjadi tahu mana foto yang bagus mana foto yang kurang bagus sehingga kamu akan terbiasa dengan fotografi.

  3. Daftar semua bidang fotografi

    Bidang fotografi itu sangat luas, ada fotografi jalanan, fotografi landscape, fotografi makro, fotografi arsitektur dll, jadi untuk mengetahui kamu memiliki passion di bidang fotografi yang mana cobalah smua bidang fotografi, caranya mudah misal hari Senin kamu ingin mencoba fotografi landscape, hari selasa ingin mencoba fotografi makro,dan begitu seterusnya.

  4. Upload foto-foto di grup media sosial

    Nah semakin tahu kesalahan kita maka itulah momen belajar kita, karena di grup media sosial fotografi akan banyak fotografer-fotografer profesional akan biasanya akan memberi masukan foto yang bagus seperti apa, teknik yang bagus seperti apa, biasanya para fotografer profesional akan dengan senang hati membantu fotografer-fotografer pemula menjadi fotografer profesional.

  5. Bergabung dengan Event Organizer

    Bergabung dengan Event Organizer ini bisa kamu menjadi freelance nya mereka saja, karena semakin banyak kegiatan mu maka kemampuan fotografimu akan semakin meningkat, untuk tarif fotografimu tidak perlu mematok harga dulu, karena tujuan utamamu ada belajar, jadi ketika kamu sudah menjadi profesional maka kamu bisa menarik bayaran yang pantas untuk hasil fotografimu.

  6. Fokuskan bidang fotografimu

    Jika sudah pernah menyoba semua bidang fotografi maka lebih khususkan lagi kamu minat di bidang mana, karena itu akan membuat kamu fokus bekerja di bidang mana, memang semua bidang fotografi itu menyenangkan, tapi ketika kamu ingin menjadikan fotografi salah satu pekerjaan utama mu, maka orang akan mengenal kamu sebagai fotografer misalnya fotografer landscape, fotografer pernikahan dll

  7. Lakukan semua dengan senang

    Apapun yang dilakukan dengan senang hati maka semuanya akan menjadi hal yang positif, karena prinsip fotografi cukup mudah, semakin kamu sering berlatih semakin kamu mahir.

Ya itulah beberapa tips singkat yang dapat membantu kita jika sudah terjun di dunia fotografi, seperti judul artikel ini, sudah becek basah saja sekalian…..

Maju terus fotografer Indonesia

#Gofotografer