Paralayang atau dalam bahasa inggris disebut sebagai Paragliding merupakan olahraga terbang bebas dengan menggunakan alat bantu berupa kain (parasut) yang digunakan sebagai sayap penangkap angin.
Olah raga paralayang lepas landas dangan kaki dengan memanfaatkan ketinggian bukit atau gunung. Dengan menggunakan parasut yang pada umumnya berwarna-warni dan menggunakan tempat tinggi sebagai awal lepas landas menjadikan Paralayang menjadi obyek foto atau bahkan teknik mengambil gambar dari ketinggian yang menarik. Saat ini penulis ingin membagikan beberapa pengalaman yang penulis dapatkan dari mengikuti kegiatan paralayang di daerah Batu Malang, Jawa timur.

 

Sebelum melakukan perjalanan pemotretan maka biasakanlah untuk melihat-lihat terlebih dahulu karakter lokasi yang akan anda datangi. Sudut pengambilan gambar dari ketinggian merupakan kelebihan yang sangat nyata dari lokasi paralayang. Mengkombinasikan antara latar belakang pemukiman dan latar depan paralayang atau obyek lainnya disekitar dapat menghasilkan foto yang unik.

Jelilah dalam mengamati lingkungan sekitarmu maka pembaca sekalian akan menemukan banyak foto menarik dimana foto yang pembaca sekalian hasilkan sangat menggambarkan keunikan dari lokasi anda.

Yang terakhir, maksimalkanlah karakter lokasi sehingga pembaca sekalian akan mendapatkan hasil foto yang unik dan menarik.

Demikianlah pengalaman dan sedikit pemahaman yang saya dapatkan.  Semoga dapat membuat hasil foto pembaca sekalian menjadi semakin mengagumkan.