Dunia fotografi memiliki banyak teknik-teknik yang para fotografer sering gunakan, dengan satu tujuan menghasilkan gambar atau foto yang sesuai dengan dimau oleh para penjepret kamera atau fotografer.
kali ini saya membahas salah satu teknik fotografi yaitu teknik foto panning.

Foto panning adalah teknik membekukan objek berjalan atau bergerak dengan kecepatan tertentu dan membuat background (latar belakang) objek terlihat blur. Sehingga kelihatan kesan bergerak dan perlu digaris bawahi objek harus terlihat tajam.

Langsung saja saya bagikan sedikit tips dan trik untuk menggunakan teknik ini,

Panning

Pertama,

Siapkan kamera dan lensa tentunya, kebanyakan teknik foto ini sering digunakan di luar ruangan (outdoor) karena pastinya membutuhkan cahaya yang cukup untuk menangkap objek dan memastikan objek terlihat tajam.

Kedua,

Pada saat foto diambil saya menggunakan mode Manual dengan menggunakan shutter speed 1/200 detik, F atau diafragma /10
Untuk memilih mode, bisa juga memilih Shutter Priority anda cukup memilih shutter speed diatas 1/100 tergantung kecepatan objek yang bergerak

Perhatikan kearah mana objek bergerak, dengan menekan setengah tombol release untuk menemukan titik fokus objek, dengan mengikuti pergerakan objek jika anda sudah menemukan titik fokus mulailah mengeksekusi jepretan anda.

Demikan tips dan trik yang bisa saya bagikan, mulailah berlatih untuk mengasah kemampuan anda.