Ekspresi seorang anak adalah ekpresi yang natural yang tidak dibuat-buat. Kepolosan yang terpancar di wajahnya atau bahasa tubuhnya akan membuat kita orang sebagai orang dewasa terpesona. Dengan adanya kondisi tersebut membuat sebuah tantangan tersendiri bagi kita seorang fotografer bagaimana menangkap momen yang seorang anak kecil. Saya akan membagikan 5 tips sederhana bagaimana memotret anak kecil.

fotoderen

1. Persiapkan segala kebutuhan (lampu flash, properti yang dipakai) sebelum memulai sesi pemotretan.

Jika anda masih pemula / amatir / profesional fotografer selalu biasakan dengan mempersiapkan segala macam kebutuhan dengan teliti, baik untuk baterai, memori, lensa yang tepat, reflektor, lampu flash. Cek kondisi semua dan pastikan semua berfungsi dengan baik. Karena terkadang sangat sulit mendapatkan mood anak jadi ketika anak siap di foto jangan membuang waktu dengan alat-alat kita.

2. Jalinlah relasi terlebih dahulu dengan anak (klien kita)

Ketika kita mempunyai klien anak kecil ada baiknya kita menjalin relasi baik itu kita mengetahui namanya, sedikit tahu dengan hobinya, makanan favoritnya, keluarkan properti dan biarkan anak tersebut memilih sendiri. Biarkan chemistrymu dengan si anak bersatu. Jadi ketika kita memulai sesi pemotretan kita bisa leluasa berkomunikasi dengan anak, dan ketika dapat mood anak siap-siaplah dengan kameramu.

3. Gunakan properti yang diinginkan anak

Keluarkan sebagian properti yang kamu miliki dan biarkan anak memilih sesuai dengan kata hatinya. Ketika anak tersebut nyaman dengan apa yang dipegang siaplah dengan kameramu, tunggu momen yang tepat untuk eksekusi shuttermu.

4. Gunakan tripod

Taruhlah kameramu di tripod kita hanya mengatur fokus kepada anak tersebut tanpa mengubah kondisi kamera. Jadi fokus tidak berubah-ubah.

5. Fokuskan kepada expresi khususkan mata anak tersebut

Mata dapat mengatakan segalanya khususnya kepolosan anak mata itu mengatakan segala-galanya.

Demikian tips yang dapat saya bagikan, semuanya kembali ke fotografer untuk mengembangkan kemampuan yang kamu miliki.