Tips Fotografi Untuk Pemula

Hobi fotografi sekarang sudah cukup mudah dan terjangkau, kalau jaman dulu fotografi biasanya dikenal dengan hobi orang kaya karena untuk membeli peralatan fotografi sendiri sudah cukup mahal. Sekarang jaman sudah berubah, banyak cara untuk menggeluti dunia fotografi.

Sebelum menjadi seorang expert / profesional tentunya kita harus melewati langkah seorang pemula, begitu pula dengan fotografi banyak metode atau cara untuk kita belajar sendiri menjadi seorang fotografer, dengan cara bergabung di grup fotografi, komunitas fotografi, dengan cara mencari artikel di internet tentang fotografi.

Disini saya akan membagikan beberapa tips singkat dasar fotografi, untuk hasil bisa dikembangkan sesuai dengan berkembangnya waktu.

  1. Memahami ISO
    Iso adalah tingkat sensitifitas sensor kamera terhadap cahaya. jadi semakin tinggi ISO maka makin tinggi pula tingkat sensitifitas sensor kamera terhadap cahaya. Untuk kamera-kamera DSLR yang terbaru biasanya tingkat level ISO nya sudah sampai ke 12.800 keatas, jadi akan sangat mudah kita mengambil gambar di minim cahaya. Untuk lebih jelasnya ada di artikel ini “Memahami pengertian ISO
  2. Memahami Aperture
    Aperture adalah bukaan lensa saat kita mengambil gambar, jadi semakin lebar bukaan lensa maka semakin banyak cahaya yang masuk sehingga akan mempengaruhi hasil fotomu. Untuk lebih jelasnya ada di artikel ini “Mengenal Apperture
  3. Memahami Shutter Speed
    Shutter speed adalah kecepatan rana, durasi kamera membuka lensa untuk menyerap cahaya.Semakin lama membuka maka semakin banyak cahaya yang masuk namun apabila semakin singkat waktu rana membuka maka cahaya yang masuk semakin sedikit pula. Baca artikel ini “Mengenal Shutter Speed
  4. Memahami Rules of Thirds
    Komposisi rules of thirds adalah komposisi yang paling dikenal dan populer di kalangan fotografer. Jika kita mengerti akan komposisi ini maka hasil foto yang kita jepret akan tampak sedap dipandang. Masih banyak komposisi lain di dunia fotografi tapi kali ini saya akan memberikan info Rules of Thirds ini. Pada rules of thirds bidang foto dibagi menjadi tiga bagian sama besar baik secara vertikal maupun horisontal sehingga memiliki 9  area yang sama besar. Kemudian kita akan mempunyai 4 titik pertemuan, keempat titik pertemuan ini yang bisa kita letakkan Point of Interest foto kita. Atau meletakkan obyek foto kita disalah satu 4 titik ini. Maka hasil foto kita akan lebih sedap dipandang.

Empat hal diatas merupakan 4 elemen dimana jika kita ingin memulai belajar fotografi. Setelah itu kamu bisa mengembangkan hasil fotomu dengan secara natural. Dengan banyak mencoba maka kamu akan dapat menjadi seorang fotografer profesional.

Salam gofotografer.

About The Author