Panning merupakan teknik yang sering dipakai dan sangat menarik untuk dicoba. Teknik ini menggunakan dua perinsip seni utama dalam memperoleh sebuah keindahan.

Kedua prinsip seni tersebut adalah Empasis dan movement. Prinsip Empasis dan Movement merupakan prinsip yang sering kita dengar dalam dunia seni namun tidak demikian dalam dunia fotografi. Empasis merupakan salah satu prinsip dalam seni dimana untuk memperoleh keindahan dilakukan dengan cara memfokuskan atau memberi penekanan pada satu bagian dalam karya. Movement juga merupakan salah satu prinsip dalam seni dimana untuk memperoleh keindahan dilakukan dengan cara memberikan kesan gerak dalam sebuah karya.

Panning sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah, namun untuk yang belum pernah menggunakan teknik ini, perlu latihan yang terus-menerus untuk menjadi terampil. Saya akan coba menerangkan bagaimana cara menggunakan teknik ini :

  1. Pertama-tama carilah sebuah jalan raya yang disinari cukup oleh cahaya alami.
  2. Setting kamera pada mode S atau M
  3. Setting pada speed rendah antara 1/10 – 1/60
  4. Tentukan obyek bergerak yang akan di panning
  5. Arahkan kamera sesuai pergerakkan obyek anda
  6. Bersamaan dengan itu tekan tombol setengah untuk memfokuskan
  7. Saat posisi obyek tepat ditengah atau saat irama gerakan tangan sudah sama dengan pergerakan obyek tekan tombol shutter.
  8. Latih terus hal ini hingga tanggan anda terbiasa mengikuti obyek yang bergerak

panning1

 

panning2

Cari obyek yang unik untuk dijadikan model sehingga foto anda akan semakin menarik.

panning3

Demikianlah hal yang dapat saya bagikan, semoga pembaca sekalian dapat berhasil melakukannya.