Untuk menjadi fotografer profesional kamu tidak harus mempunyai kamera mahal, kamera profesional ataupun kamera full frame, asalkan ada alat untuk memotret itu bisa jadi senjata andalanmu bahkan kamera di handphone mu bisa menjadi senjata terbaikmu. Handphone adalah alat komunikasi yang paling sering kita bawa, dan handphone-handphone terkini sudah dilengkapi kualitas kamera yang cukup bagus untuk mengabadikan sesuatu momen penting.

serasi

Untuk menghasilkan foto yang baik banyak faktor untuk menilai baik dari komposisi cahaya, sudut pandang, DOF. Jadi jangan sungkan atau malu jika kamu masih menggunakan kamera di handphonemu. Dengan banyak berlatih kamu bisa memaksimalkan hasil yang cukup bagus untuk hasil karyamu

Berikut tips singkat untuk memaksimalkan kualitas foto dari kamera handphone mu.

  • Jangan menggunakan zoom

Jika kamu menggunakan zoom di dalam handphone mu, jangan harap kamu akan menghasilkan hasil yang lebih baik karena zoom yang dimiliki di handphone justru akan menimbulkan noise, apalagi sensitif dengan getaran, jadi usahakan memotret dari jarak yang cukup sehingga keseluruhan obyek bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom.

  • Kamu dapat pencahayaan yang cukup

Usahakan agar cahaya alami dapat menerangi obyek yang akan kamu potret, hasil foto di luar ruanganĀ akan cenderung lebih bagus dibanding foto di dalam ruangan, jadi kamu tidak perlu menggunakan flash bawaan dari handphone mu karena flash di handphone mu hanya mampu menerangi dengan jarak tertentu.

  • Posisi memegang handphone

Memegang handphone ketika akan memotret usahakan selalu stabil dan ketika kamu sudah memencet shutter jangan bergerak dulu sampai proses di handphone mu selesai, untuk lebih mudahnya carilah tempat yang stabil dimana kamu bisa bersandar atau menaruh tanganmu supaya bisa lebih stabil dan fokus.

  • Mengerti Rules of Third

Rules of Third bisa kamu pelajari lebih lanjut, sebenarnya ini peraturan yang mendasar dalam seni fotografi, tetapi bukan sesuatu yang harus diterapkan karena ada kegiatan-kegiatan fotografi yang bisa tanpa harus menerapkan peraturan ini, tapi paling tidak kamu tahu peraturan ini. Jadi hasil memotretmu dengan handphone dapat dinikmati lebih baik.

  • Mencoba dari beberapa sudut

Foto yang dihasilkan dari sudut yang biasa juga maka hasilnya biasa saja, tapi cobalah untuk memotret dari sudut yang berbeda baik dari bawah, atas, samping sehingga kita bisa menimbulkan kesan yang berbeda dari sudut pandang manusia pada umumnya

  • Setting hasil dengan resolusi yang paling tinggi

Lihatlah settingan di handphone mu apakah kamu sudah menggunakan resolusi yang paling atas, karena dengan menggunakan settingan ini maka handphone mu akan memaksimalkan kinerja dari kamera handphonemu,

  • Lihat lensa kamera handphone mu

Kenapa harus lihat lensa? karena terkadang kita tidak sadar lensa yang di hp kita terlihat kusam, karena sering banyaknya terpegang, atau kotor jadi perhatikan lensa apakah sudah bersih atau belum, karena akan sangat mempengaruhi hasil dari potretanmu dengan handphone

  • Banyak memotret

Practice make perfect

Ya sekali lagi dengan banyak memotret kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal, apalagi kalau kamu sudah biasa dengan menggunakan sudut yang berbeda. Semakin banyak memotret maka akan terus mengasah kemampuan mu untuk menjadi seorang fotografer.

Jadi teruslah berkarya dengan apapun kamu miliki “Gofotografer”